Konawe SelatanPeristiwa

Wilayah Konsel Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 3,1 SR

Konawe Selatan – Gempa bumi berkekuatan 3,1 Skala Ritcher mengguncang sebagian wilayah Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, pada Rabu (27/5/2020), sekitar pukul 19.16 Wita.

Berdasarkan data Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, menujunkan titik gempat terjadi di Timur Laut Andoolo, Sultra pada kedalaman 10 Kilometer (Km).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar geser Lainea di TimurLaut Andoolo,” ujar Kepala BMKG Sultra, Rosa Amelia dalam keterangan persnya yang diterima Sultra News, Rabu (27/5/2020).

Berdasarakan laporan yang diterima BMKG, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan oleh sebagian masyarakat di wilayah Kendari dan Konsel. Kendati demikian, gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

“Hingga pukul 19.50 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (SN)

Tags
Back to top button
error: Content is protected !!
Close