KesehatanKonawe

156 TKA yang Tiba di Morosi Tidak Dites Covid-19 Sesuai Protap Edaran Menkes

Konawe – 156 Tenaga Kerja Asing (TKA) China gelombang pertama yang baru tiba di Sulawesi Tenggara (Sultra), tidak dilakukan pemeriksaan Covid-19, Kamis (25/6/2020).

Bagaimana tidak, sejak tiba di Bandara Haluoelo Kendari hingga di perusahaan tambang Morosi, Konawe, ratusan TKA itu tidak dilakukan pemeriksaan rapid test maupun swab.

Padahal, pelaku perjalanan luar negeri wajib dilakukan pemeriksaan swab. Hal itu telah tertuang pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 Tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA Dari Luar Negeri.

Seperti yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, pemeriksaan kesehatan terhadap TKA yang dilakukan hanya pemeriksaan fisik berupa HIV AIDS, TB, dan Hepatitis. Sedangkan pemeriksaan Covid-19 tidak dilakukan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Konawe, dr Mawar mengatakan, TKA China yang tiba di PT OSS sebelumnya sudah menjalani rapid test pada 23 Juni lalu di Manado

“Kami tidak lakukan pemeriksaan rapid tes lagi. Karena mereka (TKA) telah diperiksa rapid tes di Manado. Sementara jangka waktu berlakunya dokumen hasil rapid tes mereka selama tiga hari,” ujar dr Mawar kepada Sultra News, Kamis (25/6/2020).

Pada pemeriksaan itu, lanjut dr Mawar, pihaknya hanya fokus dalam pemeriksaan fisik saja.

“Hari ini kami hanya fokus melakukan pemeriksaan fisik terhadap 156 TKA,” ucapnya.

Dr Mawar menyebut, pemeriksaan rapid test nanti akan dilakukan terhadap TKA China pada gelombang berikutnya.

“Yang jelas kami akan melakukan pemeriksaan rapid tes selanjutnya,” jelasnya.

Terkait hal itu, tidak ada satupun pihak PT OSS yang bersedia dikonfirmasi oleh Sultra News di lokasi pemeriksaan kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, 156 TKA gelombang pertama asal China tiba di Bandara Haluoleo Kendari, pada Selasa malam (22/6).

Baca Juga :  Massa Demonstran : Ada Strategi Kalangan Elit Loloskan TKA China ke Sultra

Rombongan TKA itu datang ke Sultra menggunakan maskapai penerbangan Lion Air JT 3771.

TKA tersebut terbang dari Ghuangzou China lalu ke Malaysia. Selanjutnya rombongan TKA China ini tiba di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado dan melanjutkan ke Bandara Haluoleo. (SN)

Tags
Back to top button
error: Content is protected !!
Close