Buton UtaraKesehatan

Pandemi Covid-19, BKKBN Butur Sarankan Tunda Kehamilan

Buton Utara – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyarankan tunda kehamilan dimasa pandemi Covid-19, Selasa (30/6/2020)

Kepala BKKBN Sarif, menjelaskan bahwa psikologi orang hamil akan terbebani denganĀ  kondisi kondisi psikologi yang ada dan kemungkinan untuk abortus lebih banyak.

“Dan sesuai harapan Nasional itu akan terjadi proses penyerangan angka kelahiran. Bukan mehalangi untuk tidak hamil, tetapi lebih baiknya menunda atau mengatur jarak. Tapi kalau mau hamil silahkan bagi yang masih punya keinginan” Ujar Sarif saat ditemui, Senin(29/6/2020)

Lanjutnya ia mengaku saat masa pandemi Covid-19 ini angka kehamilan di Butur meningkat, namun belum bisa dipastikan berapa persen peningkatanya.

“Angka kehamilan dimasa sekarang itu meningkat, belum bisa ditau kepastian peningkatanya berapa persen. Artinya dengan kondisi kita berada dirumah yah tentu saja intensitas kehidupan dalam rumah tangga berbeda” Jelasnya

“Dan itu yang kami cegah, bukan melarang untuk hamil tapi menunda kehamilan saat covid-19 karna masa pandemi ini kita tidak tau kapan. Dan itu mendukung dari program Kementrian BKKBN secara nasional untuk melakukan satu juta aksetor satu hari,” terangnya. (C)

Laporan: Shun Waode

Tags
Back to top button
error: Content is protected !!
Close