Buton UtaraEkonomi

Bupati Butur Bersama Wagub Sultra, Lepas Pendistribusian Bibit Unggul Rumput Laut

Buton utaraPemerintah Kabupaten Buton Utara yang Bekerjasama dengan tim peneliti UHO sultra, mendistribusikan bibit unggul kultur rumput laut sebanyak 11 paket di desa Banu Banua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton utara, Minggu (26/7/2020).

Kegiatan penyaluran bibit unggul rumput laut dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas dan saksikan juga Bupati Butur, Abu Hasan.

Plt. Dinas Perikanan Pemprov, Laode Kardini mengapresiasi atas kinerja Tim peneliti UHO dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Butur.

“Apresiasi tinggi pada tim peneliti UHO yang berhasil mewujudkan rumput laut kultur jaringan, ini adalah hal yang tidak gampang karena Sulawesi Tenggara sudah cukup lama kita berkecamuk dengan rumput laut tapi baru pertama kali kita melahirkan dan mendapatkan rumput laut unggul kultur jaringan. Tentunya wujud kultur jaringan ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah Buton Utara” Ujar Kardini saat memberikan sambutan, Minggu (26/7/2020).

Ditempat yang sama, Bupati Buton Utara, Abu Hasan mengatakan, yang penting membangun Butur berbasis keunggulan lokal yang dapat diperbaharui.

“Upaya upaya kita membangun Butur, berbasis keunggulan lokal. Sumber Daya Alam (SDA) ada dua, ada yang bisa di perbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Dua”nya ada di Buton Utara. Yang tidak dapat diperbaharui ada tambang” Papar Abu Hasan.

Lebih lanjut, Abu Hasan menjelaskan bahwa, membangun Daerah Butur tidak hanya dari aspek fisik atau material.

“Cita-cita saya untuk membangun peradaban di Buton Utara. Membangun Butur tidak hanya dari aspek fisik/material, tapi dari aspek sosial kultural dan dari aspek mental spritual pada saat yang bersamaan harus kita bangun secara integralistik. Lingkungan hidup bagian dari konsen saya” Jelasnya.

Baca Juga :  Pemerintah Rencana Beri Bantuan Modal Usaha Untuk Ibu Ramah Tangga

Hal yang sama juga disampaikan, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, ia mengungkapkan di Butur ini hadir dengan konsep/program Agro marine (pengembangan bidang pertanian dan bidang kelautan).

“Rumput laut sebagai sala satu potensi yang luar biasa di Butur. Ini akan memberikan manfaat, dan muaranya untuk kesejateraan masyarakat kalau betul-betul kita kembangkan. Para nelayan kita hindari adanya pencemaran laut” Pangkas Wagub Sultra, Lukman Abunawas.

Laporan: Shun Waode

Tags
Back to top button
error: Content is protected !!
Close