EkonomiNasional

Pemerintah Rencana Beri Bantuan Modal Usaha Untuk Ibu Ramah Tangga

Nasional – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), bakal memberikan bantuan stimulus usaha kredit modal kerja untuk ibu rumah tangga (IRT).

Bantuan kredit modal kerja itu diberikan sebesar Rp2 juta tanpa bunga per debitur. Dikutip dari media kontan.co.id, pemberian modal kerja itu masih sekedar wacana yang kini masih dalam proses pembahasan oleh Kemenko RI.

“Intinya kredit UMKM tersebut adalah kredit lunak yang terutama ditujukan untuk pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang ingin berusaha dan ibu rumah tangga yang melakukan usaha mikro,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Iskandar SImorangkir, dilansir dari kontan.co.id.

Sementara itu, Sry Muliani mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus untuk membangkitkan ekonomi pengusaha kecil yang Unbankable atau tidak terjangkau oleh Bank manapun.

“Mereka ini mayoritas perempuan jumlah perusahaannya unit usaha mencapai 6,2 juta. Mereka tidak mengakses kepada bank, tapi langsung kepada para pemberi pinjaman yang menggunakan dana pemerintah tersebut,” ucap Sri Muliani.

Tidak hanya kredit modal kerja tanpa bunga, Pemerintah saat ini tengah menyusun rencana pemberian bantuan sosial (Bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp2,4 juta untuk 12 juta pengusaha kecil dengan target anggaran yang disiapkan sebanyak Rp30 Triliun.

“Saat ini pemerintah memusatkan perhatianya di kelas ini. Sekarang pemerintah memberikan bansos produktif, dan kredit Rp 2 juta tanpa bunga, untuk usaha ultra mikro yang belum bankable,” katanya. (SN)

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!