Agar Lebih Efektif dan Efisien, RSUD Kota Kendari Bakal Disiapkan Khusus Pasien COVID-19

waktu baca 2 menit

KENDARI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari bakal disiapkan hanya untuk mengangani pasien COVID-19 saja.

Hal ini dilakukan jika situasi COVID-19 di Kota Kendari, semakin sulit untuk dikendalikan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah menyiapkan payung hukum berbentuk Surat Keputusan (SK) Walikota.

“Kita sudah siapkan payung hukumnya, agar nantinya kalau dibutuhkan pihak management rumah sakit sudah punya dasar untuk mengambil tindakan,”Ucap Sulkarnain Kadir, Senin (26/7/2021).

Sulkarnain menjelaskan, pertimbangan RSUD dijadikan tempat khusus pasien COVID-19 agar penanganan kepada pasien lebih efisien dan efektif.

“Kalau kita membuka ruang baru di tempat lain, pertama belum tentu tempat itu siap untuk penanganan Covid, yang kedua tenaga medisnya tidak mudah. Makanya kita mengambil keputusan dipusatkan saja di RSUD, biar penanganannya bisa terintegrasi dan semua sumber daya bisa kita kerahkan di satu titik ini,”Jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari dr Sukirman mengungkapkan, akan melihat perkembangan kasus COVID-19 di Kota Kendari.

Jika semakin sulit dikendalikan, barulah 300 ruangan di RSUD dijadikan tempat khusus pasien COVID-19.

“Kalau melihat perkembangannya semakin banyak kasus, maka pak Wali instruksikan ke saya agar siap-siap menjadikan RSUD khusus untuk pasien COVID-19, tapikan sampai sekarang masih terkendali,”Jelasnya.

Lanjut dr Sukirman, RSUD sampai saat ini masih menerima pasien umum atau non Covid.

“Sampai sekarang masih melayani pasien umum seperti biasa, karena kita kemarin paling tinggi baru merawat 120-130 pasin Covid,” jelasnya.

Laporan : Deri Periansyah