Berikut Rekam Jejak Keberhasilan Harmin Ramba 10 Bulan Menjabat Bupati Konawe

waktu baca 3 menit
Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M, saat mengegam padi, sebagai bentuk tegline Konawe 'Kota Padi", pada perayaan Upacara HUT Konawe ke 64, Minggu (3/3/2024).

KONAWE, Sultranews.co.id – Mantan Pejabat Bupati (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM, memiliki segudang prestasi yang sangat luar biasa di bidang pemerintahan.

Walaupun masa jabatannya sebagai Pj Bupati Konawe hanya 10 bulan, Harmin Ramba berhasil menorehkan sejumlah prestasi membanggakan.

Pj Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM, saat mendadatangani MoU penyerahan aset hibah tanah pembangunan Makodim Konawe, bertempat di Ruangan Kantor Bupati Konawe, Selasa (16/7/2024). Foto: Sultranews.co.id

Dihimpun dari berbagai sumber, tercatat Harmin mampu buktikan kinerjanya memimpin daerah dengan julukan Kota PADI itu sejak dilantik pada 23 September 2023 lalu.

Mulai dari penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) dengan terpilihnya Desa Ahuawatu sebagai Desa Anti Korupsi pada 29 November 2023.

Harmin Damba saat mendampingi Kades Ahuawatu Adi Hariyono, menerima penghargaan dari KPK sebagai desa anti korupsi.

Penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN RI) atas upayanya pemberantasan narkoba di wilayah Kabupaten Konawe pada 31 Mei 2024.

Harmin Ramba menerima penghargaan dari Kepala BNN RI Komjen Pol Martinus Hukom, dalam upaya memberantas narkoba di Kabupaten Konawe.

Berselang awal Desember 2023, birokrat Indonesia itu kembali diundang Pj Gubernur Sulawesi Tenggara untuk penghargaan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Terbaik 2023.

Diawal Tahun 2024, Harmin juga mendapat apresiasi dari Pj Gubernur Sultra atas kesuksesannya mengendalikan inflasi.

Ksjdjdkdjdjejedndn

Sebagai birokrat yang paham betul mengenai pemerintahan, Harmin memiliki komitmen memberantas pungutan liar (Pungli) dalam pemerintahannya. Terbukti, Ia diberikan Penghargaan Pemberantasan Pungli Terbaik se-Sultra dari Satgas Saber Pungli RI pada 12 FebruaSkdkfj

Harmin Ramba, saat menerima penghargaan Pemberantasan pungli se Sultra, oleh Siber pungli.

Selain itu, Harmin dianugerahi Top Pembina BUMD 2024 oleh Majalah Top Business pada 20 Maret 2024.

Baca Juga :  Menangkan Prabowo di Konawe, Gerindra Bersama HADIR akan Perbaiki Jalan Poros Lambuya - Puriala
Harmin Ramba, menerima penghargaan sebagai pembina BUMD terbaik 2024.

Soal pelayanan publik kepada masyarakat, dedikasi dan kinerjanya tidak perlu diragukan lagi. Ia juga dianugerahi International Certificate of Excellence and Recognition pada 29 April 2024 oleh First Union Association Lebanon.

Pengabdian Harmin lalu mendapat respon positif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia dinobatkan sebagai Pj Bupati terbaik dan diganjar penghargaan prestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2023 dengan skor 3,5027.

Prestasi itu menjadikan Konawe sebagai daerah berkinerja tinggi dan diberikan penghargaan oleh Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada 25 April 2024 lalu.

Dibidang akuntabilitas keuangan pun Harmin memiliki kinerja yang mumpuni. Ia berhasil membawa Kabupaten Konawe meraih juara 1 predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI).

Serta sukses membawa Kabupaten Konawe meraih prestasi WTP yang ke sembilan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Tenggara pada 28 Mei 2024.

Kedekatannya dengan dunia pers, Harmin juga diberikan penghargaan oleh Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara atas dukungannya terhadap keberlangsungan pers pada 07 Juni lalu.

Ia juga berkontribusi besar terhadap kesuksesan pembangunan Bendungan Ameroro. Atas dukungan dan kerjasamanya mensukseskan program strategis nasional (PSN) itu, Harmin disematkan penghargaan oleh BSW Sulawesi IV Kendari pada 30 Juli 2024.

Laporan: Redaksi