Bupati Konawe Terus Optimis Tingkatkan Produksi Sapi Simental

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

KONAWE – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) terus beroptimis meningkatkan produksi sapi melalui program Inseminasi Buatan (IB) atau yang dikenal dengan sebutan “Simental” terhadap ternak di Konawe.

Hal itu membuat orang nomor satu di Kabupaten Konawe itu semakin optimis meningkatkan program Inseminasi Buatan (IB) terhadap ternak, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi), dua tahun berturut-turut membeli Sapi Simental milik masyarakat Konawe, yang diperuntukan sebagai hewan Qurban, pada perayaan Idul Adha.

Saat melepas sapi jenis Simental dengan berat satu ton, Bupati KSK mengatakan dirinya termotivasi untuk terus melakukan pengembangan IB terhadap sapi unggulan di Konawe.

Menurut pria yang akrab disapa KSK, dengan program IB, perkembangan sapi lebih cepat serta kesehatan sapi lebih terjamin.

“Dengan adanya permintaan Presiden, membuat kami optimis di bidang peternakan,” tutur Kery, saat melepas Sapi Simental Presiden ke Kabupaten Buton, Rabu (6/7/2022) lalu.

Dirinya juga menjelaskan, mengenai ukuran dan kesehatan ternak di Konawe yang telah menjalani program IB tersebut tidak perlu di ragukan lagi.

“Selain hasil pertanian padi sawah, Konawe bisa menjadi lumbung nasional di bidang peternakan,” ujar Bupati dua periode tersebut.

Kery juga mengungkapkan, dirinya akan lebih meningkatkan produksi sapi sehingga Kabupaten Konawe dapat menjadi yang terdepan di bidang peternakan.

“Untuk tahun ini, kita targetkan 9000 ekor,” ujarnya.

Terkait maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), mantan Ketua DPRD Konawe tersebut mengatakan untuk di Konawe saat ini masih aman.

“Kami melalui Disnakeswan selalu memantau langsung perkembangan serta kesehatan hewan,” tutupnya.

Laporan: Jaspin