Bupati Ridwan Zakariah Harapkan UMK Masyarakat Terus Meningkat

waktu baca 2 menit
Bupati Butur Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si, saat menerima Soufenir buatan pengrajin UMK, oleh Iwan Razak, Kepala Cabang PNM Bau-bau

BUTON UTARA – Bupati Buton Utara (Butur) Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. membuka Pelatihan klasterisasi sektoral Pengolahan Ikan Asap Desa Malalanda, bekerja sama antara Perseroan Terbatas (PT) Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Bau-bau, Mekar Cabang Kulisusu Area Buton dan Pemerintah Desa Malalanda, Rabu (24/11/2021).

Dalam sambutannya Bupati Butur mengatakan, untuk memajukan Usaha Mikro Kecil (UMK) yang begerak di perikanan, selain jumlah dan kualitas prodak yang harus di kembangkan, juga dibutuhkan peningkatan pembangunan pada sektor-sektor pendukungnya.

Ikan asap ini merupakn salasatu produk unggulan desa malalanda yang sangat tepat mendapatkan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) dari lembaga Permodalan Nasional Madani (PNM), mengingat situasi pandemi Covid-19 sampai saat ini belum kunjung selesai.

Menurut Bupati, untuk mengembangkan usaha masyarakat tidak hanya menamba jumlah produk usaha, akan tetapi perlu adanya peningkatan nilai tamba produk, termasuk produk-produk turunannya. Dan yang terpenting lanjutnya, Desa Malalanda sebagai wisata kuliner perlu penataan, dimulai dari penataan tempat usaha, budaya masyarakat terkait sopan santun dan keramahan warga dalam menyambut tamu yang berkunjung.

Untuk pengembangan sektor wisata lanjutnya, kuncinya ada pada keindahan, sebab yang menjadi tujuan utama wisatawan adalah mau mengunjungi dan melihat tempat-tempat yang indah, serta mendapatkan sambutan yang santun dan penuh keramahan dari warga, Sebab sekalipun tempatnya indah kalau tanpa ada keramahan dari warga setempat wisatawan tidak ada yang ingin berkunjung.

Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi dan infrastruktur transportasi juga sangat menentukan laju pertumbuhan perekonomian masyarakat. Dengan demikian Bupati Butur mengharapkan adanya dukungan dari masyarakat, dengan tidak mengganggu jalannya pemerintahan. Sebab, semua bisa tercapai kalau masyarakat dan pemerintah memiliki visi dan misi yang sama dalam memajukan daerah. Tutupnya.

Adapun jenis produk dalam Pelatihan Klasterisasi Sektoral Pengolahan Ikan Asap kali ini adalah berupa produk oleh-oleh has Buton Utara, antaralain pembuatan abon ikan tuna, sambal ikan tuna, dan katapay sulaa dalam bentu kemasan

Turut hadir Wakil Bupati Butur Ahali, SH., MH., Ketua TP. PKK Butur Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan, Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim, SH., M.Si. bersama OPD terkait serta Pimpinan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang BAUBAU dan jajaran.

Laporan : Al Iwal

Editor : Jaspin

Uploader : Risal