Deklarasi Kampanye Damai Paslon Pilgub Sultra Berlangsung Meriah

waktu baca 2 menit
Deklarasi kampanye damai Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra 2024. Foto Ronas/Sultranews.co id.

KENDARI, Sultranews.co.id – Deklarasi kampanye damai pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu H. Ruksamin dan H. LM. Sjafei Kahar, Andi Sumangerukka dan Hugua, Lukman Abunawas dan La Ode Ida dan Hj. Tina Nur Alam dan Laode Muhammad Ihsan Taufik Ridwan, yang diselenggarakan oleh Komsi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung tertib dan meriah, bertempat di pelataran eks MTQ Kota Kendari, Selasa (24/09/2024).

Agenda deklarasi kampanye damai Pilgub Sultra itu, turut dihadiri yakni yang mewakili Pj. Gubernur Sultra, Kapolda Sultra, Kabinda Sultra, yang mewakili Komondan Korem 143 Halu Oleo dan yang mewakili Kajati Sultra serta pimpinan partai politik pengusung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Saya atas nama pimpinan KPU Provinsi Sultra mengucapkan selamat datang pada acara deklarasi kampanye damai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2024-2029. Deklarasi Pilkada damai yang kita inginkan bersama hendaknya dilandasi dengan niat yang sungguh- sungguh demi menjaga keamanan, kedamaian, kebersamaan serta solidaritas daerah kita Provinsi Sulawsi Tenggara yang kita cintai bersama,” ujar Asril, selaku Ketua KPU Sultra, dalam sambutannya.

Lanjut Asril, dirinya juga meminta agar memperkuat komitmen kebangsaan dengan menjaga dan merawat Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Repubilk Indonesia (NKRI) dan kebhinekaan sebagai anugrah terbesar bangsa ini.

“Mari kita pupukan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis. Mari kita hindari segala nentuk ujaran kebencian, berita bohong dan tindakan yang dapat mengakibatkan perbedaan sosial akibat polarisasi politik,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pilkada tahun 2024 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena untuk pertama kalinya Pilkada dilaksanakan secara serentak di tanggal 27 November 2024 pada 37 Provinsi dan 508 Kab/Kota di Indonesia. Dan khususnya di Sulawesi Tenggara sebanyak 15 Kabupaten, 2 Kota dan 1 Wilayah Provinsi Sultra.

Baca Juga :  Lima Misi dan 18 Program Unggulan Pasangan HADIR di Pilkada Konawe 2024

“Untuk itu demi terciptanya Pilkada yang aman, damai dan sejuk mari kita bersama- sama bersinergi mendukung terwujudnya Pilkada serentak ini yang berkualitas, hindari pertikaian dan kekerasan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Deklarasi Pilkada damai merupakan sebuah komitmen seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan kedewasaan berpolitik dan berdemokrasi,” pungkasnya.

Laporan : Ronas