Desa Linonggasai Prioritaskan Penanganan dan Pencegahan Covid-19

waktu baca 2 menit
Wawancara ekslusif dengan Kades Linonggasai L Tudua dengan awak media, di rumah kediaman usai gelar kegiatan dilapangan, Minggu (2/5/2021). Foto: Jaspin/Sultranews

KONAWE – Tahun 2021 penanganan dan pencegahan Corona Virus Desease (Covid-19), masih menjadi prioritas oleh pemerintah pusat, provinsi, kota dan kabupaten bahkan sampai tingkat pemerintah desa, sesuai arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Terlepas dari itu, Desa Linonggasai, Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), tak tanggung-tanggung menerapkan protokol kesehatan, dalam rangka penanganan dan pencegahan Covid-19.

Pembagian peralatan Covid-19 kepada warga Linonggasai.

Kepala Desa Linonggasai L. Tuduan kepada awak media mengatakan tahun ini masih fokus pada penanganan covid-19 yang anggaranya bersumber dari Dana Desa (DD).

Untuk itu, kata dia, terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 berupa pembagian masker sebanyak 1000 lembar, Hand Sanitizer sebanyak 1000 buah, Suprayer (alat penyemprot) 2 buah, alat APD berupa Baju, Sepatu, Topi sebanyak 29 orang petugas, dan alat pencuci tangan berupa sabun, galong tempat air dan lain sebagainya.

“Untuk tahap pencairan diawal ini memang hampir semua desa di Konawe ini fokus pada penanganan dan pencegahan covid-19. Apalagi ini perintah langsung dari pusat, agar Covid -19 tidak diabaikan,” kata Tuduan, yang ditemui awak media ini, Minggu (2/4/2021).

Kegiatan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs).

Ia berharap, mudah-mudahan Covid-19 ini segera usai. Sebab dengan Covid-19 juga sedikit menghambat dan menyusahkan khususnya kegiatan-kegiatan baik di Kabupaten maupun di tingkat desa.

“Jadi sejak Covid-19 melanda Indonesia,  memang sangat menyusahkan kami. Khususnya dibidang perekonomian. Sehingga masyarakat kita sedikit menggeluh, dengan bencana Covid-19 ini,” pungkasnya.

Tuduan menambahkan, selain kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 untuk tahun ini, ada juga kegiatan pendataan  Sustainable Development Goals (SDGs), yang tujuannya mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang di serahkan langsung oleh Camat Wonggeduku Barat (Wobar) Abdul Hasim kepada warga Linonggasai penerima.

Selain pendataan SDGs, ada juga pembagian benih ikan lele sebanyak 2000 ekor terhadap 80 pemilik empang dari 7 kelompok di Desa Linonggasai.

Baca Juga :  Ardin Gelar Halal Bihalal di Kediamannya, Sejumlah Tokoh Penting Hadir, Salah Satunya Harmin Ramba

“Pembagian BLT juga sudah terlaksana. Alhamdulillah sudah tersalur kepada 24 penerima,” ungkap pria yang juga merupakan ketua Usaha Pembenihan Ikan Air Tawar Rakyat (UPR) Kabupaten Konawe.

Laporan: Jaspin