Fakta Rutin Berhubungan Intim Bikin Pasangan Awet Muda

waktu baca 3 menit
Foto. Ilustrasi

Sultranews.co.id – Katanya, berhubungan seks yang rutin adalah rahasia awet muda bagi kaum wanita. Ya, beberapa orang memang menghubungkannya dengan rasa puas dan kebahagiaan yang didapatkan setelah berhubungan seks bersama pasangan.

Hal ini yang kemudian membuat orang jadi awet muda. Namun, idealnya harus berapa kali berhubungan seks supaya jadi awet muda?

Harus seberapa sering berhubungan seks jika mau awet muda?

Penelitian terbaru dari University of California di San Francisco Amerika melakukan penelitian terhadap kehidupan seks 129 wanita yang telah menjadi ibu. Para peserta diminta untuk menceritakan bagaimana kehidupan seks mereka masing-masing, apakah puas atau tidak dan seberapa intim ia dengan pasangan.

Selanjutnya para peneliti membandingkan laporan para ibu tersebut dengan sampel darah mereka. Nyatanya, ibu yang berhubungan seks setidaknya sekali selama satu minggu, ditemukan memiliki sel telomere dengan lapisan sel yang kuat.

Sel telomere adalah sebuah sel yang berbentuk topi dan berada di ujung DNA manusia. Sel ini akan semakin menipis ketika seseorang mengalami stres, hingga akhirnya sel tersebut mati akibat gaya hidup yang buruk.

Lalu, apa hubungan sel telomere dengan awet muda? Seiring bertambahnya usia, sel telomere yang ditemukan tubuh Anda akan rusak akibat penuaan dan pola hidup yang tidak sehat.

Tetapi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melakukan hubungan seks secara teratur, setidaknya sekali dalam seminggu, dapat dapat memperbaiki dan memperpanjang sel telomere.

Penelitian ini menunjukkan bahwa bercinta sekali seminggu saja sudah bisa jadi ‘rahasia awet muda’ yang bisa Anda dan pasangan terapkan.

Tak hanya jadi rahasia awet muda, ini manfaat lain yang didapat berhubungan seks

Selain sebagai rahasia awet muda para wanita, ternyata berhubungan seks secara rutin dapat membawa segudang manfaat lainnya untuk tubuh. Berikut 3 manfaat penting dari berhubungan seks:

1. Membakar cukup banyak kalori

Faktanya berhubungan seks dalam waktu setengah jam saja bisa bakar kalori hingga 150 kalori. Peluh keringat dan rasa capek yang Anda dapatkan selama setengah jam berhubungan seks, bisa sebanding dengan olahraga di treadmill yang dilakukan selama 15 menit.

2. Memperkuat otot panggul

Para terapis seks sering menyarankan wanita untuk berlatih senam Kegel saat berhubungan seks. Bagaimana caranya? Lenturkan dan kencangkan otot-otot dasar panggul Anda dengan cara yang sama seperti Anda akan menghentikan aliran air kencing saat penetrasi penis dan vagina. Tahan selama tiga detik, lalu lepaskan.

Selain mempernikmat sensasi dari berhubungan seksual, senam kegel yang dilakukan saat berhubungan seks juga dapat memperkuat otot-otot yang berhubungan dengan kantung kemih dan panggul.

3. Bikin kulit jadi lebih cerah dan sehat

Ternyata berhubungan seks menghasilkan hormon yang disebut DHEA. Hormon inilah yang menjadi melepaskan senyawa kunci dalam tubuh untuk meningkatkan warna kulit Anda jadi lebih cerah dan tampak sehat.

Sumber. situs Hallo Sehat