Flashback Harmin Ramba Selama Menjabat Bupati Konawe, Berikut Torehan Pencapaiannya

waktu baca 6 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Kilas balik atau bahasa kerenya flashback keberhasilan Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M yang berhasil ia torehkan pada masa – masa menjabat sebagai Bupati Konawe kurang lebih 10 bulan lamanya.

Harmin Ramba resmi mengakhiri masa tugasnya sebagai penjabat Bupati Konawe pada hari Rabu Tanggal 31 Juli 2024 lalu, karena dirinya mengajukan pensiun dini. Dimana seharusnya ia harus pensiun pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Selama mengemban amanah sebagai Penjabat Bupati Konawe, Harmin Ramba telah menorehkan berbagai pencapaian yang luar biasa.

Adapun torehan pencapaian selama menjadi Pj Bupati Konawe salah satunya persoalan ganti rugi lahan warga Kecamatan Routa, Bendungan Ameroro, hingga sengketa lahan Tawamelewe juga ia tuntaskan.

Selain itu, Harmin Ramba atau yang akrab disapa HR ini, berhasil mendatangkan sejumlah pejabat tinggi negara, mulai dari Menteri, Kepala BNN RI, Imam Besar Masjid Istiqlal hingga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pj Bupati Konawe (kiri) saat menerima bantuan benih padi dan jagung dari Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman.

Harmin Ramba mendatangkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Kedatangan Menteri Amran Sulaiman di bumi Konawe dalam rangka peningkatan produksi padi dan jagung Tahun 2024 di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, pada Tanggal 11 Januari 2024 lalu.

Tak tanggung-tanggung, Mentan RI memberikan bantuan pupuk, alat pertanian, benih padi dan sayuran dengan nilai miliaran rupiah bagi Pemerintah Kabupaten Konawe.

Selain Menteri Pertanian, tak kalah pentingnya, Harmin Ramba datangkan orang nomor satu di Republik Indonenesia yakni Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti:

Menteri Sekretaris Negara Pratikno,
​Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono,
​Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,
​Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan ​Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo.

Baca Juga :  Dukung HADIR di Pilkada Konawe, Tokoh dan Masyarakat: Keduanya Sudah Mewakili Laki-laki dan Perempuan

Di Konawe, Presiden Jokowi sebelum meresmikan Bendungan Ameroro, dirinya bersama rombongannya meninjau RSUD Konawe. Dia (Jokowi res) mengecek pelayanan kesehatan dan dipujinya.

Presiden Jokowi saat Konfrensi Pers di pelataran Gedung RSUD Konawe, usai melakukan peninjauan didalam RS didampingi Menteri Kesehatan (kiri samping Jokowi) Ir. Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Sultra Andap Budi Revianto, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, Selasa (14/5/2024) pagi tadi. Foto: Sultranews.co.id

Jokowi pun memberikan bantuan alat kesehatan bagi Rumah Sakit Konawe berupa Hologram, CT Scan dan Cathlab.

Alhamdulillah, berkat tangan dingin Presiden Jokowi dan Mantan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, bantuan tersebut dibuktikan. Dan saat ini sementara pembangunan gedung Cathlab dan Cytotoxi atau Gedung Rawat Inap dan Gedung Jantung Terpadu.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan Ameroro yang terletak di Desa Tamesandi, Kecamatan Uepai, Konawe.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024). Foto: Ist

Tujuan dibangunnya Bendungan Ameroro, Jokowi mengungkapkan untuk mengairi ribuan hektar are persawahan. Selain itu juga bisa menjadi pembangkit listrik, wisata, serta mereduksi banjir di Kabupaten Konawe.

Kegiatan Halal Bihalal yang di gelar Pemda Konawe, Harmin Ramba mampu datangkan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA, yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama Republik Indonesia dari tahun 2011 sampai 2014 silam.

Kedatangan Kh Nasaruddin Umar di Konawe merupakan yang pertama kalinya guna memenuhi undangan kegiatan Halal Bihalal di Lapangan Kantor Camat Abuki, Desa Punggaluku, Kecamatan Abuki, Kebupaten Konawe, Selasa (14/5/2024) lalu.

Suasana kegiatan Halal bihalal di Lapangan Kantor Camat Abuki, Desa Punggaluku, Kecamatan Abuki, Kebupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Tak berhenti sampai disitu, Harmin Ramba lagi – lagi berhasil datangkan Kepala BNN RI Komjen Pol Martinus Hukom, S.I.K., M.Si. dan Ibu Rita Hukom di bumi Konawe, berjuluk Kalosara.

Baca Juga :  Pengurus Masjid Al Muhajirin Gelar Perayaan Maulid Nabi Muhamad SAW

Kedatangan Kepala BNN RI di Kabupaten Konawe guna meninjau kesiapan sarana dan prasarana Badan Narkotika Kabupaten Konawe (BNK) yang dalam waktu dekat akan beralih status menjadi badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Konawe (Vertikal).

Kedatangan Kepala BNN RI, Komjen Pol Martinus Hukom, turut hadir pula para rombongannya, yakni Deputi Dayamas BNN, Irjen Pol. Drs. Hen Manadi, MM.,
​Direktur Advokasi BNN RI, Brigjen Pol Drs. Jafriedi, MM, ​Direktur Intelijen BNN RI Brigjen pol. Alexander Sabar, SIk.MH.,
​Karo Umum BNN RI, Brigjen Pol Drs. Indra Gautama., M.Si. ​Kepala Biro Humas & Protokol BNN RI, Brigjen Pol Sulistiyo Pudjo Hartono S.i.K, M.Si.,
​Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto, S.I.K. M.Si., ​Kepala BNN Sultra Brigjen Pol Christ Reinhard Pusung, S.I.K., M.Han.

Kepala BNN RI, Komjen Pol Marthinus Hukom, bersama Pj Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, saat menunjukan ke awak media, surat pendadatangan hibah kantor BNNK Konawe.

Kedatangan para petinggi dari ibu kota di Bumi Konawe, merupakan kekaguman masyarakat dengan kemampuan komunikasi dan jejaring Harmin Ramba selama menjabat sebagai Penjabat Bupati Konawe.

10 bulan bertugas, sepertinya terlalu cepat bagi Harmin Ramba yang baru mulai menata perekonomian masyarakat Kabupaten Konawe yang lebih baik.

Terobosan yang baru saja berhasil dilakukannya adalah melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi melalui tiga sentra atau sebutan kerennya Aglomerasi melalui konsep “Kota Padi”.

Konsep kota padi atau City Branding yang digagas oleh mantan Pj Bupati Harmin Ramba, rupanya telah masuk dalam pembahasan Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M, saat mengegam padi, sebagai bentuk tegline Konawe ‘Kota Padi”, pada perayaan Upacara HUT Konawe ke 64, Minggu (3/3/2024).

Kabupaten Konawe termaksud 20 Kabupaten Kota yang diundang membahas tentang bagaimana program-program yang terintegrasi dengan pemerintah pusat yang hubungannya bagaimana mendorong kawasan-kawan industri yang terintegrasi.

Baca Juga :  Sejumlah Tokoh Berpengaruh Ikrarkan Menangkan HADIR di Konawe

Pemerintah Kabupaten Konawe terus mendorong pertumbuhan ekonomi di tiga sentra yang disebut dengan Aglomerasi yakni Timur, Tengah dan Barat.

Tiga wilayah pertumbuhan itulah yang akan dikembangkan. Dan akhirnya jika itu berhasil menumbuhkan kawasan-kawasan yang diantaranya, maka kawasan yang diantaranya itu akan tumbuh.

Pasca dirinya telah pensiun, Harmin Ramba, dengan tekad yang kuat akhirnya resmi menjadi Bakal Calon Bupati Konawe berpasangan dengan Dessy Indah Rachmat sebagai Wakil Bupati Konawe dengan Akronim “HADIR”.

Harmin Ramba bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe dengan membuyut tiga Partai Politik (Parpol) yakni Gerindra, Nasdem, dan PKB.

Ketiga Parpol itulah yang akan menjadi kendaraan HADIR untuk mengantarkan menuju Pilkada Konawe pada bulan November mendatang.

Dengan cita-cita ingin membangun Kabupaten Konawe yang lebih maju, menuju Konawe “Kota Padi”.

Laporan: Jaspin