Gerindra Sultra Pastikan 10 Hari Kedepan Perbaikan Ruas Jalan Lambuya – Motaha Kelar

waktu baca 2 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Perbaikan ruas jalan Lambuya – Motaha, Kabupaten Konawe, sepanjang 23,4 Kilo Meter (KM), yang di kerjakan oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulawesi Tenggara (Sultra), dijadwalkan akan kelar 10 hari kedepan.

Pengerjaan ruas jalan poros Lambuya – Motaha dimulai dari titik pertigaan Kecamatan Lambuya menuju Jembatan Rawa Aopa yang berbatasan Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan (Konsel).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sultra, Andy Ady Aksar melalui Ketua Dewan Penasehat Gerindra Konawe, H. Akmal, ST., MT, yang ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, panjang ruas jalan dari titik pertigaan Lambuya menuju jembatan Rawa Aopa yang dikerjakan yakni 23,4 Km.

Proses klearing pengerjaan jalan Lambuya – Motaha.

“Kondisi jalan aspal, namun ada beberapa spot yang yang rusak parah dan berlubang, jalan itulah yang dikerjakan oleh DPD Gerindra Sultra. Sisanya aspal yang masih bagus sekitar 7 Km,” ungkap H. Akmal, Selasa (15/10/2024).

Adapun metode pengerjaan yang digunakan diawali dengan klaring bahu jalan menggunakan grader karena rumput yang terlalu tinggi, untuk mengetahui keberadaan lobang jalan. Setelah claring, lobang tersebut ditutupi menggunakan material sirtu yang dominan agregat, agar mampu bertahan sehingga dicampur dengan material sirtu gunung dan sirtu kali.

“Insya Allah setelah penimbunan kita hampar lalu dipadatkan. Diupayakan 10 hari kedepan pengerjaan penimbunan jalan ini sudah bisa tuntas,” kata Mantan Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Sultra ini.

Ia menambahkan, jalan yang di kerjakan oleh DPD Gerindra Sultra ini, merupakan jalan Provinsi karena menghubungkan Kabupaten Konsel.

“Perbaikan jalan ini sifatnya hanya sementra untuk lebih memudahkan akses masyarakat yang melintasi jalan tersebut,” tambahnya.

Baca Juga :  Deklarasi Desa Binaan, Kantor Pertanahan Konawe Lakukan Pencanangan Gemapatas dan Gemapuldadis

“Berikutnya akan ada lagi perbaikan jalan oleh DPD Gerindra Sultra, untuk lokasi melihat dari sisi mana yang diperioritaskan,” tutup Akmal panggilan akrabnya.

Laporan: Jaspin