GMKM Gandeng RS Dewi Sartika Beri Layanan Kesehatan Gratis di Konsel

waktu baca 2 menit
Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh GMKM dan RS Dewi Sartika Kendari, di Konawe Selatan (Konsel). Foto : Muhammad Abdillah/SultraNews

sultranews.net – Gerakan Mahasiswa Konsel Menginspirasi (GMKM) gandeng Rumah Sakit (RS) Dewi Sartika untuk melakukan kegiatan bakti sosial tiga desa di Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). Ke tiga desa tersebut yakni Desa Palotawo, Lalonggasu, dan Desa Lalowatu.

Kegiatan yang disebut “GMKM Goes to Desa” dilakukan selama tiga hari, dengan melakukan sejumlah kegiatan sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat, konsultasi Keluarga Berencana (KB), penyuluhan pendidikan, pemberian santunan, serta kegiatan sosial lainnya.

Ketua Panitia kegiatan Faizal menyebutkan kegiatan serupa sudah dilakukan sejal Januari 2019 lalu, bahkan pihaknya juga sudah memiliki enam desa binaan.

“Ini adalah program unggulan kami, dilakukan per triwulan kadang perdua bulan, tergantung kondisi waktu kami, tapi yang pasti sesuai renstra dan proker kami, semua kecamatan akan kami kunjungi,” Kata Faizal, Senin (2/12/2019)

Untuk sumber penganggaran, Faizal mngaku didapatkan dari hasil iuran anggota GMKM, keuntungan menjual jajanan ringan, hingga hasil mengamen di beberapa lokasi di Kota Kendari.

“Kami bazar, menjual makanan minuman, kadang kita ngamen di lampu merah, iuran anggota dan usaha lainnya,” ujarnya

Sementara itu Ketua GMKM Rendy Tabara menjelaskan, bahwa organisasi yang dipimpinnya itu terbentuk bukan sekedar perhimpunan huru-hura, melainkan menjadi sarana imajinasi dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat luas masyarakat.

“Kami selalu menegaskan, bahwa kita hadir untuk masyarakat, GMKM Goes To Desa adalah pulang kampungnya anak anak mahasiswa yang hendak mengabdi, dan belajar kepada masyarakat, mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman disana,” Ucapnya

Ditempat terpisah Kepala Desa Lalowatu, Amin mewakili dua pemerintah desa lainnya mengapresiasi kehadiran mahasiswa mahasiswi Konsel di desanya untuk melaksanakan bakti sosial.

Baca Juga :  Pahri Yamsul Akui Aspal yang Rusak di Jalan Mataiwoi-Abuki Kualitasnya Kurang Bagus

Menurut dia, setelah sekian lama menjadi kepala desa, belum pernah ada organisasi kepemudaan yang dapat memberikan sumbangsi positif dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Di tempat kami banyak, tapi kaya santunan, apalagi ada pemeriksaan dan pengobatan gratis, dengan menghadirkan dokter dan pihak Rumah Sakit Sewi Sartika ini belum pernah ada, dan saya harus jempol GMKM, saya doakan anak-anaku sekalian bisa meneruskan amal baik ini,” tutupnya.

Laporan: Muhammad Abdillah

Editor : Queensah