Itensitas Hujan Tinggi Dalam Sehari, 150 Rumah di Desa Nambeaboru Konawe Terendam Banjir

waktu baca 1 menit
Personil Polsek Tongauna, saat mengecek kondisi banjir di Desa Nambeaboru, Rabu (3/7/2024).

KONAWE, Sultranews.co.id – Intentitas hujan hari ini Rabu 3 Juli 2024 tergolong tinggi, hingga mengakibatkan 150 rumah di Desa Nambeaboru, Kecamatan Tongauna Utara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir.

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, SIK melalui Kopolsek Tongauna Ipda Fahry Latekeng, SH melaporkan perihal musibah banjir di Desa Nambeaboru yang menyebabkan 150 rumah terendam banjir akibat meluapnya Kali Aworeka yang melewati tanggul penahan banjir sehingga menyebabkan air menggenangi rumah – rumah warga dan akses jalan dan area persawahan setinggi lutut orang dewasa.

“Akibat meluapnya Kali Aworeka, menyebabkan kurang lebih 150 rumah warga terendam banjir atau sekitar 50 persen dari jumlah rumah warga yang ada di desa Nambeaboru,” kata Ipda Fahry Latekeng, kepada Sultranews.co.id, Rabu (3/7/2024) sore ini.

Saat ini, lanjut Fahry, personil Polsek Tongauna yang dipimpin oleh Kanit Binmas sedang berkomunikasi dengan masyarakat di TKP. Hingga saat ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan korban material belum dapat dihitung karena luasnya area persawahan yang terdampak.

Untuk diketahui, apabila curah hujan masih terus turun, dimungkinkan dampak banjir akan meluas ke beberapa Desa di Kec. Tongauna Utara antara lain Desa Ambopi, Anggohu, Waworoda Jaya dan sekitarnya.

Laporan: Iful

Editor: Ovhin

Uploder: Elan