Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Konut Gandeng LSM Beri Materi P2L.

waktu baca 2 menit

KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut) H. Ruksamin yang didampingi Bapak Wakil Bupati (Wabup) Konut, H. Abuhaera membuka kegiatan Pelatihan Tematik Kelompok Tani Pekarangan Pangan Lestari atau (P2L), pada Senin.(31/05/2021).

Dengan tema “Pemanfaatan Pekarangan Melalui Pekarangan Pangan Lestari (P2L) untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi Covid-19, menuju Konut yang lebih sejahtera dan berdaya saing itupun sukses di gelar.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh pihak Dinas Ketahanan Pangan Konut yang bertempat di kebun taruna tani konasara Desa Awila Puncak, Kecamatan Molawe.

Dalam sambutannya Bupati Konut memberikan gambaran keuntungan yang akan didapatkan oleh petani serta pendapatan daerah yang besar jika masyarakat memanfaatkan program dan lahan pekarangan pertanian.

“Misalnya, kalau di dalam satu desa ada 25 orang yang memanfaatkan pekarangan seluas 50×50 M² dengan menanam cabai, maka hasil harga bisa mencapai Rp. 20 ribu per/kg sehingga dikalikan dengan jumlah desa 159 desa, berarti kita mampu menghasilkan pendapatan sebanyak Rp. 993 jt pertiga bulan itupun jika menghasilkan 25 Kg,” paparnya saat melakukan perhitungan.

Bupati dua periode ini juga menyampaikan saat ini administrasi kependudukan di Konut kebanyakan petani, jelas jika memanfatkan hasil pertanian maka Konut akan dapat mendorong perekonomian yang lebih mandiri dan sejahtera.

Bukan hanya itu saja, Hj. Musyida Arifin, S.Sos., M.Si sekaligus Dewan Pendiri LSM Sultra Sinergy Institute bersama Imran Moita, SP., M.A.P (Kabid Holtikultura Dinas Perkebunan dan Holtikultura Konut) juga ikut memberikan materi tentang Pakarangan Pangan Lestari atau (P2L).

Kegiatan ini pun dirangkaikan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani sebesar Rp. 55.000.000 per kelompok yang akan dikelola oleh kelompok tani tersebut.

Adapun nama Kelompok tani yang mengikuti pelatihan dan menerima bantuan langsung adalah sebagai berikut :

1. Kelompok Tani Kapumoleba dari Desa Walalindu Kec. Asera
2. Kelompok Tani Meronga-ronga dari Desa Otipulu Kec. Wawolesea
3. Kelompok Tani Konasara dari Desa Andumowu Kec. Lasolo
4. Kelompok Tani Mepokoaso dari Desa Longeo Utama Kec. Asera
5. Kelompok Tani Samaturu Desa Otole Kec. Lasolo
6. Kelompok Tani Kartini Mandiri Desa Watuwula Kec. Lembo
7. Kelompok Tani Putri Konasara Desa Lamparinga Kec. Wiwirano
8. Kelompok Tani Mawar Kelurahan Tinobu Kec. Lasolo. (SN/Lukman)