Janji Presiden Jokowi Terwujud, Tiga Fasilitas Kesehatan di RSUD Konawe Dibangun

waktu baca 3 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo, pernah menjanjikan bakal memberikan bantuan tiga fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat berkunjung dalam agenda presmian Bendungan Ameroro, Selasa (14/5/2024) beberapa bulan yang lalu.

Dalam kunjungannya di RSUD Konawe yang didampingi langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan beberapa menteri lainnya, Presiden Jokowi mengaku akan memberikan bantuan tiga fasilitas kesehatan yakni Hologram, CT Scan dan Cathlab.

“Rumah Sakit ini memang akan kita kirim tahun ini Hologram, CT Scan sama Cathlab,” janji Jokowi, dihadapan awak media.

Menurut orang nomor satu di Republik Indonesia, Jokowi mengaku akan memberikan bantuan fasilitas kesehatan kepada RSUD Konawe untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Selain itu, ia juga sangat apresiasi keberanian kepala daerah untuk membangun RSUD Konawe menggunakan dana pinjaman. Karena keberanian kepala daerah itu, Jokowi sangat senang karena menyangkut kesehatan.

“Saya sangat apresiasi keberanian kepala daerah membangun RSUD Konawe menggunakan dana pinjaman, dan itu yang sangat bagus,” terangnya.

Janji Presiden Jokowi akhirnya terwujud. Sore tadi, Pejabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Cathlab dan Cytotoxic atau Gedung Rawat Inap dan Gedung Jantung Terpadu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (10/7/2024).

Dalam sambutannya, Harmin Ramba mengungkapkan, pembangunan gedung rawat inap dan gedung jantung terpadu di RSUD, merupakan langkah konkret dalam meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Konawe, dan alhamdulillah hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Rawat Inap dan Gedung Jantung Terpadu.

Baca Juga :  Cawali Kota Kendari Yudhi-Nirna Bagi-bagi Makanan Gratis, Program Jumat Berkah

“Saat ini RSUD Konawe membutuhkan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan kesehatan sesuai tujuan rumah sakit yaitu kuratif dan rehabilitatif, sehingga pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit harus maksimal dan dilaksanakan secara efisien,” kata Bupati.

Untuk embangunan Gedung Jantung Terpadu, kata Harmin Ramba, merupakan bukti nyata jawaban dari kunjungan Presiden Joko Widodo di RSUD Konawe beberapa bulan lalu.

Olehnya itu, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atas perintah Presiden, akan memberikan hibah peralatan Catheterization Laboratory (Cath Lab) yang paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti Angiografi Koroner dan pemasangan stent. Namun juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti Radiologi Intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lainnya.

Harmin Ramba juga menekankan agar pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pasien, agar senantiasa khususnya petugas kesehatan harus memberikan pelayanan yang optimal.

“Dalam pelayanan kesehatan, diutamakan pelayanan prima terhadap pasien. Tenaga kesehatan harus mampu mencerminkan dari segi pelayanan terbaik yang diberikan semua karyawan fasilitas kesehatan, baik tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung lainnya kepada pasien yang melampaui harapan pasien itu sendiri,” ujar Harmin mengigatkan kepada petugas RSUD Konawe yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Diketahui, pembangunan gedung rawat inap dan jantung terpadu menelan anggaran sebesar Rp 2. 587.000.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)  dan BLUD, dimana target pengerjaanya akan selesai pada 17 November 2024.

Laporan: Jaspin