Lembaga Pers Dr. Soetomo Gelar UKW Dalam Rangkaian Hari Pers Nasional

waktu baca 2 menit
Suasana Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Lembaga Pers Dr. Soetomi (LPDS), yang berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (3/2/2022).

KONAWE – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme kewartawanan khususnya dalam dunia jurnalistik, Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) menggelar uji kompetensi wartawan (UKW), yang berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Profisionalisme wartawan dalam mengembangkan pengetahuan, membentuk skil sampai membangun jaringan dengan narasumber.

Kegiatan UKW tersebut rencananya bakal berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 sampai 5 Februari 2022.

“Wartawan adalah sebuah profesi bukan pekerja, jadi ada standar yang harus dimiliki oleh wartawan,” ujar Direktur Eksekutif LPDS, Hendrayana, Kamis (3/2/2022).

Selain itu, hal itu juga dilakukan untuk melakukan perlindungan hukum kepada para wartawan agar dapat menghindari hal-hal yang dapat melanggar UU dan membahayakan diri dalan menulis berita serta memberikan perlindungan pada perusahan pers tersebut

Lanjut, Hendrayana juga menambahkan bahwa di era saat ini dalam menyampaikan sesuatu di media sosial di awasi oleh UU ITE, sehingga menjadi penting untuk mempelajari sebuah literasi media

Diketahui, kegiatan itu dihadir oleh Dr. La Tarifu M.Si sebagai Dekan FISIP UHO, Lahyanto Nadie, Maria D. Andriana, dan Priyambodo RH sebagai wartawan senior dan pengajar LPDS sekaligus sebagai pemateri pada kegiatan tersebut.

Di tempat yang sama Dekan FISIP UHO, Dr. La Tarifu M.Si berharap dengan hadirnya LPDS semoga dapat menjadi wadah untuk membentuk mahasiswa khususnya di jurusan Jurnalistik FISIP UHO menjadi profesional dan kompeten dalam bidang wartawan

“Nanti kedepan itu wartawan tidak mudah, karena wartawan itu tumbuh suburnya media, maka nanti wartawan itu akan selektif, akan diseleksi dengan cara-cara yang ketat, salah satunya diuji dengan standar kompetensi ,” katanya.

Baca Juga :  Panji Muda Deklarasi Dukung Yudianto Mahardika di Pilwali Kota Kendari

Laporan: Randi Sastrawan

Editor: Sultan