Logistik Untuk Pilkada Koltim Mulai Didistribusikan

waktu baca 2 menit
Ketua KPUD Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias

Kolaka Timur – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), mulai menyiapkan logistik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ketua KPUD Koltim Suprihaty Prawaty Nengtias, mengatakan Persediaan logistik mulai berjalan menuju ke Koltim, karena sebelumnya pihak KPUD, Bawaslu, serta Polres Kolaka telah berkunjung ke Kota Jember Provinsi Jawa Timur untuk mengurus surat suara.

“Untuk surat suara di Koltim telah dipacking dan saat ini telah berada diperjalanan, dan mohon doanya agar seluruh logistik tiba tepat waktu dan tepat jumlah, sehingga kita dapat melaksanakan Pilkada tanpa ada halangan,” ujar Suprihaty saat ditemui sultranews.co.id di Aula Pemda saat setelah Debat Publik (17/11/2020).

Suprihaty menerangkan, untuk pelipatan dan penyortiran kertas suara akan dilakukan dikantor KPUD terlebih dahulu, karena surat suara sangat vital sehingga harus diawasi dengan ketat.

“Surat suara tentunya harus ada penambahan 2,5% untuk menjaga apabila ada hal yang tidak diinginkan, Nah. Penambahan ini diperuntukkan bagi surat suara rusak atau mengganti surat suara karena kesalahan saat pencoblosan,” jelasnya.

Untuk itu, pelipatan kertas suara kata dia, tentunya akan diseleksi sangat ketat, agar yang terlibat tidak boleh ada afiliasi dengan partai tertentu. Dan itu harus dipastikan bahwa orang-orang yang terlibat nanti bukan tim sukses dan bukan tim kampanye.

“Dan semua yang terlibat dalam pelipatan kertas suara diwajibkan untuk di rapid test karena saat ini masih suasana wabah Covid-19 proses yang dilakukan harus betul-betul sesuai standar penanganan Covid-19. Mereka yang sudah di rapid test membawa hasil rapidnya kemudian di ACC menjadi tenaga pelipat suara,” katanya.

Laporan : Muhammad Alpriyasin