Momen Peringatan HUT ke-62, Bupati KSK Bangga Konawe Menjadi “The Best” di Sulawesi Tenggara

waktu baca 5 menit
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, saat memberikan penghormatan di acara upacara HUT Konawe ke - 62 tahun 2022. Foto Ist

KONAWE – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe yang ke 62, memaparkan sejumlah prestasi.

Tentunya, dirinya patut berbangga bahwa pada saat ini, dia mampu menunjukan kinerja-kinerja yang sangat baik dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Hal itu, kata Bupati dua periode itu, dapat dilihat dari pencapaian makro pembangunan daerah yang menunjukan Kabupaten Konawe dalam kurun waktu 4 hingga 5 tahun terakhir menjadi yang terbaik di provinsi sulawesi tenggara.

“Inilah yang kita inginkan agar konawe senantiasa menjadi yang ter “the best” di Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucap KSK, sapaan akrab Bupati Konawe ini.

Saat ini, lanjut Kery, kita telah melihat bagaimana daerah yang kita cintai ini tumbuh dan berkembang dari masa ke masa hingga saat ini. Setiap periode masa yang kita saksikan bersama tentunya menorehkan berbagai pencapaian-pencapaiannya masing-masing.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, para pemimpin daerah ini dengan berbagai dinamika di masanya telah berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Konawe.

“Tugas kita saat ini memastikan agar masyarakat Kabupaten Konawe dapat mencapai kesejahteraan, kemandirian dan daya saing yang kuat,” tukas Kery.

Sebagai pemimpin, tentunya saya berbangga diri, bahwa pada saat kita telah menunjukan kinerja mampu memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini.

Kemajuan dan ketahanan ekonomi di kabupaten konawe dapat kita lihat melalui angka pertumbuhan ekonomi yang senantiasa bergerak positif bahkan meskipun pada masa pandemi covid-19, dimana daerah-daerah lainnya di sultra mengalami perlambatan pertumbuhan hingga level mines, Kabupaten Konawe masih tetap tumbuh positif.

Pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi kita mencapai 10,70 persen, tahun 2019 meningkat menjadi 11,84 persen. Pada tahun 2020 dimasa pandemi perekonomian Konawe tetap tumbuh positif di angka 6,42 persen dan pada tahun 2021 naik menjadi 6,51 persen. Pencapaian pertumbuhan ini jauh di atas rata-rata pertumbuhan kabupaten/kota lainnya di Sultra.

Baca Juga :  Lagi, Proyek Rekon Jalan Mataiwoi-Abuki Amburadur, Aktivis Konawe Irfan Kecam Kontraktor CV Star One

Implikasi dari pertumbuhan ekonomi kita yang senantiasa positif ini telah memberikan dampak pada peningkatan pendapatan per kapita masyarakat Kabupaten Konawe di mana jika pada tahun 2017 pendapatan per kapita masyarakat baru mencapai Rp. 22.265.000,(dua puluh dua juta dua ratus enam puluh lima ribu rupiah) per kapita per tahun atau Rp. 1.855.000,(satu juta delapan ratus lima puluh lima ribu rupiah) perkapita per bulan naik signifikan menjadi Rp. 30.073.816,(tiga puluh juta tujuh puluh tiga ribu delapan ratus enam belas rupiah) perkapita pertahun atau Rp. 2.506.000,(dua juta lima ratus enam ribu rupiah) per kapita per bulan.

“Khusus untuk capaian investasi daerah pada tahun 2021, kita mencatatkan prestasi yang sangat membanggakan dimana Kabupaten Konawe menempati urutan ketujuh nasional realisasi investasi tertinggi yakni sebesar 20 triliun, meninggalkan jauh daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Tenggara,” bebernya.

Pada tahun ini, rencana investasi besar juga akan masuk di Kecamatan Routa sebesar 58 triliun. Ini tentunya kata KSK akan semakin memperkokoh ketahanan perekonomian Kabupaten Konawe dan akan membawa manfaat besar bagi Provinsi Sulawesi Tenggara dan Indonesia.

Sementara dari sisi kinerja penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Konawe dalam 5 (lima) tahun terakhir ini kita telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 15,65 persen di tahun 2017 menjadi 13,03 persen di tahun 2021.

Ini sekaligus menempatkan Kabupaten Konawe sebagai daerah dengan kinerja penurunan angka kemiskinan tercepat se-Provinsi Sulawesi Tenggara dalam 5 (lima) tahun terakhir. Sementara indeks pembangunan manusia (IPM) juga terus mengalami peningkatan dibmana pada tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian pada tahun 2019 naik menjadi 71,29, selanjutnya tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 meningkat menjadi 71,48 persen.

Baca Juga :  Warga Cekcok Gegara Bau Comberan, Pemdes Lahotutu Gerak Cepat Buatkan Saluran Perpipaan

“Pencapaian ini tentunya adalah hasil dari kerja cerdas dan kerja keras kita semua sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Saya berterimakasih kepada seluruh stakeholder pemerintah, lembaga-lembaga vertikal dan masyarakat Kabupaten Konawe yang telah bersama-sama berperan dalam pembangunan di Kabupaten Konawe. Harmonisasi antar lembaga pemerintah dan masyarakat adalah kunci sukses kita mencapai kegemilangan ini,” terang KSK.

Pada perayaan HUT Konawe yang ke-62 ini, Pemerintah Daerah mengangkat tema “Lipu I Konawe Mediuako Ronga Mepokoaso”
(Kabupaten Konawe Maju dan Bersatu).

“Dengan semangat ini saya berharap kita semua senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah kita. Kita perlu bersatu untuk memastikan Kabupaten Konawe dapat menjadi lebih maju dan berkembang sehingga dapat lebih memberi
manfaat untuk Sulawesi Tenggara dan Indonesia,” harap mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Lebih lanjut KSK menjelaskan, pondasi kuat telah kita letakan. Di mana kita mampu mendorong kemandirian daerah melalui sektor pertanian (tanaman pangan, peternakan dan perikanan). Kita juga telah mampu membawa daerah ini menuju level maju yang berdaya saing dengan bertumpu pada sektor industri/manufaktur.

“Tantangan kita kedepan adalah meningkatkan level pelayanan publik yang berorientasi pada digitalisasi berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan agar Kabupaten Konawe tidak saja menjadi daerah yang maju namun juga menjadi daerah yang modern sesuai dengan tuntutan perkembangan globalisasi dunia.
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kepada kita semua untuk ikut berpartisipasi aktif dalam konteks pembangunan di daerah ini. Dan saya berharap bahwa Kabupaten Konawe ke depan semakin mengukuhkan peran strategisnya dalam rangka menyongsong Konawe Gemilang dan Sultra Gemilang,” pungkas KSK.

Untuk diketahui upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke – 62 tahun dilaksanakan di halaman kantor Bupati, Rabu 02 Maret 2022. Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK). Bupati dua periode ini bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Baca Juga :  Ardin Gelar Halal Bihalal di Kediamannya, Sejumlah Tokoh Penting Hadir, Salah Satunya Harmin Ramba

Diketahui juga, HUT Kabupaten Konawe jatuh pada tanggal 3 Maret. Namun, Upacara dilaksanakan lebih awal karena, Kamis 3 Maret besok, bertepatan dengan hari libur (Hari Raya Nyepi-red).

Laporan: Jaspin