Pemda Konut Kembali Raih Opini WTP Ke Empat Kali Dari BPK

waktu baca 2 menit

KONUT – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Yang saat ini tercatat bahwa Konut telah meraih empat kali berturut-turut opini WTP dari BPK semenjak melaporkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada Tahun Anggaran 2017 lalu.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sultra, Andi Sonny, SH.,MH, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sultra, pada Senin (31/05/2021) mengatakan hari ini Pemda Konut kembali memperoleh WTP.

“Saya umumkan Pemda Konut untuk tahun 2020 kembali memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian, ” kata Sony saat menyerahkan LHK.

Lanjut BPK, penyerahan hasil pemeriksaan ini adalah kegiatan konstitusional yang diatur dalam undang-undang dan merupakan bagian tugas BPK.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan opini tentang kegiatan laporan keuangan, dan efektifitas pengendalian internal.

“Namun diharapkan meski mendapatkan WTP, Pemda harus terus meningkatkan kinerja keuangan, sebab BPK akan terus memantau dan memonitoring, untuk itu tingkatkan akuntabilitas dan transparansi,” katanya.

Usai Penyerahan LHK, Bupati Konut juga melakukan penandatanganan komitmen percepatan proses penyelesaian kerugian Daerah.

Penandatangan Komitmen dilakukan
dalam rangka mempercepat proses penyelesaian ganti rugi daerah serta memperkuat upaya peningkatan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel untuk mewujudkan tata kelola keuangan negara yang baik.

Penyerahan LHK LKPD diterima langsung oleh Bupati Konut H. Ruksamin didampingi Wabup Konut H. Abuhaera, Ketua DPRD Konut Ikbar, SH, Unsur Forkopimda Konut, Asisten, Staf Ahli, Kepala BPKAD Konut Merthen Minggu, dan Kepala Inspektorat Konut.

Dalam sambutanya Bupati Konut mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sultra atas penyerahan LHK LKPD tersebut.

“Kami segenap jajaran Pemda Konut menyambut gembira opini WTP dari BPK dan akan menjadikan ini sebagai motivasi kami untuk terus meningkatkan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah”, ucap orang nomor satu di Konut ini.

Untuk itu, dua daerah yang juga mendapat predikat WTP kali ini adalah Kabupaten Muna Barat dan Kabupaten Bombana, yang masing-masing penghargaan ini diterima kepala daerah dan ketua DPRD masing-masing. (SN/Lukman)