Pemdes Amesiu Target Pembuatan Rumah Warga Rampung Tahun Ini

waktu baca 2 menit
Foto Rumah Warga Dalam Proses Pengerjaan

KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Amesiu, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, menargetkan pembuatan rumah baru untuk warganya rampung tahun ini 2021.

Kepala Desa (KADES) Amesiu Jainudin saat ditemui di kediamannya pada Rabu 16 juni 2021 menjelaskan, proses pembangunannya mengunakan Dana Desa (DD) tahap I 2021.Lanjut Jainudin untuk tahap I pihaknya mendirikan 4 rumah warga, hingga saat ini sedikit lagi rampung proses pengerjaannya melalui Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan sudah selesai pengatapan, sedangkan untuk ukuran setiap rumah 5×7.

Tahap pembangunannya dimulai dari slop bawah, penyusunan batako keliling rata slop atas, pemasang kosen pintu dan jendela hingga proses pengatapan dengan menggunakan seng.

“Daun pintu dan bingkai jendela hingga tertutupi kami juga yang tanggung, setiap bahan yang digunakan ditanggung oleh Pemdes Amesiu menggunakan DD tahap I, pemilik rumah hanya siapkan pondasi sesuai ukuran yang disepakati,” ungkapnya

Selain progres pembuatan rumah permanen untuk warganya Jainudin juga sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I kepada 37 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 351 KK yang berdomisili di Desa Amesiu. Untuk penerima diutamakan janda tua dan warga yang kehilangan pekerjaannya selama Covid-19.

“Penyaluran BLT untuk warga tahap I sudah salur 4, muda-mudahan dana yang diberikan kepada mereka bisa bermanpaat dan bisa membantu meringankan kebutuhan ekonominya,” ujarnya.

Untuk pendataan SDGs, Kades dua periode itu menjelaskan, Tim Kelompok Kerja (POKJA) yang berjumlah 11 orang sudah melakukan pendataan hingga pemutakhiran data dengan cara mendatangi rumah warga lalu mengambil data KK dan perjiwa.

“Honor tim pokja kami sudah bayarkan, separuh dari anggaran pendataan SDGs ini kami gunakan untuk pembuatan baju tim pokja Desa Amesiu sekaligus biaya lainnya sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Baca Juga :  Dekranasda Konawe Tampilkan Motif Tenun “Pine Wine Mbae” di Even Nasional IFW

Kemudian untuk program pencegahan penyebaran Covid-19, Pemdes Amesiu sudah melakukan penyemprotan di rumah warga, tempat ibadah, sekolah – sekolah dan tempat umum.

Penyedian posko covid oleh Pemdes Amesiu dilengkapi dengan prabot-perabot lainnya dan bahan yang disiapkan dalam proses pencegahan yakni, baju relawan tim covid 11 orang, tangki semprot 8 buah, handzanitizer 20 botol, disinfektan tiga lusin, masker satu lusin dan galon cuci tangan 6 buah yang tersebar di tempat umum.

“Tim relawan covid jumlahnya 11 orang selalu disiagakan, bahan yang dibeli diupayakan bisa cukup untuk penanggulangan hingga setahun, setiap pembagian BLT kami berikan masker kepada warga,” jelasnya.

Kemudian untuk diketahui, honor guru PAUD sebanyak 5 orang, KPM 1 orang, Kader Posyandu 10 orang sudah dibayarkan. Pemdes Amesiu juga sebelumnya telah melaksanakan kegiatan pelatihan Digitalisasi Desa Wujudkan Transformasi Menuju Indonesia Maju. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), di salah satu hotel kota Kendari.

SN