Pemdes Bersama Masyarakat Onembute Sulap Lahan Tidur Menjadi Produktif

waktu baca 2 menit
Pemdes bersama masyarakat Onembute, saat membuka lahan tidur guna dijadikan menjadi produktif.

KONAWE – Dalam rangka pemanfaatan anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2021, Pemerintah Desa (Pemdes) bersama masyarakat Onembute, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyulap lahan tidur menjadi lahan produktif.

Lahan tidur milik warga akhirnya di inisiasi Kepala Desa Onembute, yang tadinya menjadi tidak bermanfaat menjadi produktif.

“Program Nasional Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan insiasi teman-teman Pemdes bersama masyarakat dalam rangka pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif, dalam bidang perkebunan sawit,” tutur Kades Onembute Syaifuddin, S.IP saat ditemui awak media di Lokasi pembukaan lahan, Sabtu (22/5/2021).

Program pemanfaatan lahan tidur masyarakat, kata Syaifuddin adalah dengan cara penanaman bibit kelapa sawit merupakan usulan dari masyarakat melalui musyawarah desa.

“Tujuan dari perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh Pemdes Onembute adalah memanfaatkan lahan kosong masyarakat untuk ditanami sawit sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuka lapangan kerja,” ucapnya.

Selain itu lanjutnya, pengelolaan lahan milik masyarakat, pihaknya juga menyiapkan bibit bersertifikat mutu benih yang dilengkapi izin mutu benih izin usaha perkebunan dan berlabel dari kolaka, pupuk, pembersihan lahan, serta penanaman bibit.

“Mengenai luas yang akan di dibuka, setiap Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu seluas setengah hektar, dan untuk tahun 2021 Pemdes Onembute akan melakukan pembukaan lahan kepada 15 KPM,” paparnya.

“Untuk pembukaan lahan produktif masyarakat, Kades Onembute melibatkan kurang lebih 20 orang yang dimulai dari pembukaan lahan, sampai penanaman bibit,” imbuhnya.

Perlu diketahui, sebelumnya Pemdes Onembute telah melakukan pembangunan posko relawan covid dan ruang isolasi covid-19.

“Selain pembangunan Posko dan ruang isolasi Covid-19, kami juga telah mengadakan disinfektan, 60 dos masker, handzanitizer, enam buah tempat mencuci tangan, vitamin, pengukur suhu tubuh, 25 baju relawan yang anggarannya dari DD 8% untuk penanggulangan pencegahan Covid-19,” terangnya.

Baca Juga :  Warga Cekcok Gegara Bau Comberan, Pemdes Lahotutu Gerak Cepat Buatkan Saluran Perpipaan

Kades Onembute juga menjelaskan bahwa Pemdes telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 14 KPM dan memprioritaskan lansia yang tidak mempunyai penghasilan.

“Kami juga telah menyalurkan BLT kepada 14 KPM dan diprioritaskan Lansia yang tidak mempunyai penghasilan,” tutupnya.

Laporan: Jaspin