Pemkab Konawe Raih Juara Dua Penyaluran DD dan DAK Tahap Satu Tahun 2024, Ferdinand: Bentuk Kepatuhan dan Ketepatan dalam Menyalurkan Dana

waktu baca 2 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Pemerintah Kabupaten Konawe (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih juara dua dalam kategori Penyaluran Dana Desa (DD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap dua Tahun 2024.

Prestasi tersebut diumumkan secara resmi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Selasa (6/8/2024).

Pemberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah daerah adalah merupakan penghargaan dalam mengelola dan menyalurkan dana desa secara efektif dan tepat waktu.

Keberhasilan itu juga adalah merupakan hasil dari upaya koordinasi yang intensif antara pemerintah daerah dan perangkat desa, serta komitmen tinggi untuk memastikan dana desa digunakan sesuai dengan tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Kementerian Keuangan RI atas kepatuhan dan ketepatan penyeluran Dana Desa dan Dana Alokasi Khusus tahun 2024 untuk semester satu ini.

“Iya tadi pagi, Kemenkeu memberi apresiasi ke Pemkab Konawe atas kepatuhan dan ketepatan waktu penyaluran DD dan DAK semester satu tahun 2024,” ujar Ferdinand.

Menurut dia, penghargaan yang diterima hari ini diharapkan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan pengelolaan keuangan untuk jauh lebih baik lagi, akuntabel dan transparan.

“Sehingga ke depan, Kabupaten Konawe sudah bisa menjadi yang terbaik di Sultra dan bahkan terbaik nasional,” tegas Ferdinand panggilan akrab Plh Bupati Konawe

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe H.K Santoso, SE, M.Si menambahkan bahwa Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan ini karena Pemda Konawe telah menyalurkan Dana Desa dan DAK Fisik 2024 secara cepat dan tepat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

“Ini apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan atas kepatuhan Pemda Konawe dalam melakukan pmyaluran DD dan DAK Fisik secara cepat dan tepat sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Baca Juga :  Silaturahmi di Desa Uelawu Konawe, Harmin-Dessy Disambut dengan Mombesara

Untuk diketahui Pemda Konawee berhasil menjadi juara dua penyaluran DD Tahap satu Tahun 2024, untuk juara 1 Kabupaten Konawe Utara di peringkat 1 , dan Kab. Bombana di peringkat 3.

Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe telah menunjukkan standar tinggi dalam transparansi dan akuntabilitas, serta memastikan bahwa dana yang dialokasikan benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat desa.

SN