Pj Bupati Harmin Ramba Tunaikan Janjinya, Teken NPHD Penyaluran Beasiswa Mahasiswa Jakarta

waktu baca 4 menit
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, saat melakukan penandatanganan Nota Perjanjian Dana Hibah (NPHD) Bantuan Beasiswa Konawe Cerdas dan Bantuan Sewa Asrama Mahasiswa serta Bantuan Dana Kegiatan Bina Akrab bagi puluhan Mahasiswa Konawe yang berada di Jakarta, Kamis (25/07/2024).

JAKARTA, Sultranews.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara merealisasikan dana Bantuan Beasiswa Konawe Cerdas dan Bantuan Sewa Asrama Mahasiswa serta Bantuan Dana Kegiatan Bina Akrab bagi puluhan Mahasiswa Konawe yang berada di Jakarta, Kamis 25/07/2024 bertempat disalah satu hotel yang ada di Jakarta.

Realisasi anggaran yang senilai ratusan juta rupiah ini ditandai dengan penanda tanganan Nota Perjanjian Dana Hibah (NPHD) antara Pj. Bupati Konawe Harmin Ramba dengan Perwakilan Mahasiswa Jakarta dan disaksikan oleh para mahasiswa penerima dana bantuan tersebut.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba dihadapan para mahasiswa menyampaikan, bahwa realisasi dana bantuan ini adalah wujud dari komitmen pemerintah daerah untuk membantu mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan demi membangun kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe yang lebih baik.

“Ini merupakan komitmen saya sebagai pemerintah daerah lanjutnya. “Malam ini saya tunaikan apa yang sudah pernah saya janjikan kepada adik-adik yang tengah menempuh pendidikan di Jakarta,” Ucap Pj Bupati Konawe.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, saat melakukan penandatanganan Nota Perjanjian Dana Hibah (NPHD) Bantuan Beasiswa Konawe Cerdas dan Bantuan Sewa Asrama Mahasiswa serta Bantuan Dana Kegiatan Bina Akrab bagi puluhan Mahasiswa Konawe yang berada di Jakarta, Kamis (25/07/2024).

Menurut Harmin Ramba, dirinya selaku Pj Bupati Konawe memiliki komitmen yang tinggi demi pembangunan kualitas sumber daya manusia di Konawe hal itu ditunjukkannya melalui Program Beasiswa Cerdas Mandiri.

“Jika merujuk pada regulasi Dana Bantuan Beasiswa ini hanya dapat diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan dengan Kampus yang telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemkab Konawe diantaranya Unilaki dan UHO namun kami terus berjuang agar mahasiswa yang menempuh pendidikan diluar daerah juga dapat merasakan Bantuan Beasiswa Cerdas Mandiri ini dan Alhamdulillah hal ini dapat kita wujudkan dengan melalui berbagai mekanisme prosedural dan malam ini sudah berhasil kita realisasikan” Ujarnya.

Baca Juga :  Meski Sempat Tertunda, Harmin Ramba Buktikan Janjinya Serahkan 21 Kendaraan Operasional untuk Pengawas Sekolah

“Kedepannya kami akan memperjuangkan lagi agar tidak hanya mahasiswa yang berada di Jakarta (Penerima Bantuan.red) akan tetapi juga dengan mahasiswa – mahasiswi Konawe yang menempuh pendidikan diluar daerah juga bisa mendapatkan hal yang sama, komitmen kami kita sekolahkan S1, S2 jika mampu hingga S3 setelah itu kita pulangkan kembali untuk berkarya di Konawe.” Beber Harmin Ramba yang disambut tepuk riuh dari belasan mahasiswa Jakarta ini.

Harmin Ramba menambahkan, meski belum genap setahun dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Konawe namun wujud kepedulian atas hal itu sudah ditunjukkannya. Meski baru 10 bulan efektif menjabat, namun komitmen itu ia sudah tunjukkan, meski prosesnya butuh waktu karena dalam pengelolaan anggaran harus sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang sudah diatur dalam regulasinya.

“Bukan seperti ada uang dikantongnya pak Kabag, lalu saya ambil dan saya salurkan. Itu yang perlu adik-adik kita pahami bersama” ucapnya sembari berkelakar.

Awalnya dana bantuan ini diusulkan untuk 100 orang mahasiswa dengan anggaran Rp 4 juta per orang. Namun setelah melalui proses penelitian karena penerima bantuan beasiswa ini tidak boleh dobel dengan beasiswa lain, maka hasil verifikasi mahasiswa penerima menjadi berkurang. Sehingga jumlah penerima dikurangi sesuai juknis, tetapi nominal anggarannya dinaikkan menjadi Rp 7 Juta per orang.

“Sekali lagi saya tegaskan apa yang saya janjikan malam ini telah saya tunaikan, sekaligus menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekeliruan selama menjabat sebagai Pj Bupati Konawe. Sebab awal bulan Agustus mendatang saya sudah memasuki masa purna tugas sebagai ASN (Pensiun). Selamat menempuh pendidikan jadilah mahasiswa yang jujur dan berkaratker sebagai calon pemimpin masa depan Konawe dimasa yang akan datang” Pungkas Harmin Ramba.

Baca Juga :  Cawali Kota Kendari Yudhi-Nirna Bagi-bagi Makanan Gratis, Program Jumat Berkah
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, saat melakukan penandatanganan Nota Perjanjian Dana Hibah (NPHD) Bantuan Beasiswa Konawe Cerdas dan Bantuan Sewa Asrama Mahasiswa serta Bantuan Dana Kegiatan Bina Akrab bagi puluhan Mahasiswa Konawe yang berada di Jakarta, Kamis (25/07/2024).

Dikesempatan itu pula Kabag Kesra Pemkab Konawe, Andi Darmawangsa menyampaikan kepada para penerima dana bantuan ini bahwa dana tersebut akan langsung masuk ke rekening masing2 masing penerima.

“Jadi adik adik Dana ini akan langsung ditransfer ke rekening masing2 masing penerima, dan begitulah prosedurnya bukan dibayar tunai yah” Ujarnya.

Dirinya merinci Dana Bantuan ini akan diberikan kepada 19 orang mahasiswa dan mahasiswi sebesar Rp. 7 Juta per orangnya, Dana Sewa Asrama Rp. 50 Juta dan Dana Bina Akrab sebesar Rp. 150 juta.

“Untuk dana bina akrab kami hanya menganggarkan Rp. 75 Juta namun karena kepedulian bapak Pj. Bupati beliau memberikan dana Pribadinya sebesar Rp. 75 juta sehingga total dana menjadi Rp. 150 Juta” Rinci Andi Darmawangsa.

“Sistem keuangan kita sekarang dengan melalui SIPD jadi mekanismenya harus transparan tidak ada kata tunai, dan itu menghindari kecurigaan orang. Saya juga tekankan tidak ada istilah uang jasa dalam proses ini, semuanya diterima utuh oleh mahasiswa. Dana insya Allah dana itu masuk direkening dalam Minggu ini,” tambahnya.

Tampak hadir di kegiatan penyerahan beasiswa Konawe cerdas dan bantuan sewa asrama mahasiswa serta kegiatan bina akrab oleh Pj Bupati Konawe dengan mahasiswa Konawe di wilayah jabotabek tersebut Asisten II Pemkab Konawe, Kabag Pemerintahan, Kabag Humas dan Protokoler, dan Belasan Mahasiswa Penerima Bantuan.

Laporan: Jaspin