Ratusan APD Tambahan Akhirnya Tiba di RSUD Kota Kendari

waktu baca 2 menit

Kendari – Sebanyak 140 pasang Alat Pelindung Diri (APD) tambahan untuk petugas kesehatan akhirnya tiba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, pada Jum’at, (20/3/2020).

Ratusan APD itu akan digunakan oleh petugas kesehatan dalam merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirujuk ke RSUD Kota Kendari karena terduga terpapar Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Direktur RSUD Kota Kendari dr.Sukirman, mengatakan APD yang tiba terdiri dari jas pelindung diri atau hazardous materials suit (hazmat), hand scoon (kaos tangan), kacamata google, masker n95, dan penutup kepala.

“Setelah kami utus staf kejakarta dengan susah payah, Alhamdulillah berhasil mendapatkan 140 pasang APD, walaupun harganya sudah melonjak, hazmat itu harganya mencapai 250 ribu, sedangkan masker n95 sudah sampai 100 ribu” Ucap Sukirman.

Berbagai jenis APD tiba di RSUD Kota Kendari

Namun dr.Sukirman mengatakan, 140 pasang APD ini hanya bisa bertahan selama 2 minggu, dikarenakan setiap kontak dengan pasien PDP Covid-19, APD tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

“Bapak Wali Kota telah kirim surat ke Menteri Kesehatan meminta bantuan APD sebanyak 2000 pasang, mudah-mudahan menkes menyetujui Suplay APD ketiap Rumas Sakit yang menjadi rujukan” Kata Sukirman.

RSUD Kota Kendari sendiri telah resmi ditetapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai Rumah Sakit Rujukan untuk menerima dan merawat Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 untuk wilayah Kota Kendari. RSUD Kota Kendari telah mempersiapkan ruang isolasi yang dapat menampung 9 orang ODP/PDP Covid-19.

Sumber. Kendarikota.go.id