Serahkan Bantuan Pupuk Organik, Bupati Konawe Bilang Akan Menyurat ke Pusat Soal Permintaan Ekspor

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe Kery saiful Konggoasa, didampinggi Kadis TPHP H. Gunawan Samad, saat menyerahkan bantuan pupuk organik cair kepada kelompok tani, Senin (22/10/2022). Foto Ist

KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, menyerahkan bantuan pupuk organik kepada kelompok tani
yang berada di Kecamatan Tongauna, Anggatoa, dan Uepai.

Penyerahan bantuan pupuk organik diserahkannya usai kegiatan pendadatnganan fakta integritas damai siap kalah siap menang pada Pemlihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang dihadiri seluruh Cakades se-Kabupaten Konawe di Kantor Bupati Konawe, Senin (22/10/2022).

KSK sapaan akrab Bupati Konawe bilang, akan menyurat ke pemerintah pusat guna meminta kuota ekspor hasil pertanian.

Hal itu dikarenakan, permintaan kuota ekspor pertanian kepada pemerintah pusat merupakan upaya mensejahterakan petani di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya di Kabupaten Konawe.

“Kenapa kita minta khusus, supaya kita punya harga gabah stabil. Kalau kita punya kuota khusus, kita punya harga gabah bisa mencapai 4.200 rupiah sampai 4.500 rupiah perkilonya. Itu kan aman untuk petani,” ujarnya.

Lanjut Bupati Konawe dua periode tersebut, petani di Konawe juga sudah ada yang melakukan panen tiga kali setahun, namun dengan surplusnya hasil pertanian di Konawe membuat harga semakin anjlok.

Kery mengungkapkan, upaya Pemkab Konawe untuk mensejahterakan petaninya akan terus dilakukan, sehingga dengan demikian dirinya terus berusaha melakukan komunikasi kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk meminta agar Konawe secepatnya dapat diberikan kuota ekspor hasil pertanian ke luar negeri.

“Kenapa kita lakukan ini, supaya petani kita sejahtera,” tutupnya.

SN