Utamakan PKTD, Normalisasi Saluran Air di Desa Wawonggole Mulai Dilakukan

waktu baca 2 menit
Padat Karya Tunai Desa (PKTD) pembangunan normalisasi sungai di Desa Wawonggole, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe. Senin (3/5/2021).

KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Wawonggole, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang merupakan Program prioritas Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Program PKTD tahun ini meliputi Pembangunan rumah pompa tahap II, pembuatan saluran air, serta normalisasi saluran.

Program tersebut berjalan dimulai dari pengerukan saluran air pembuangan yang dilakukan oleh Pemdes dan beberapa warga pada, Senin (3/5/2021).

Kepala Desa Wawonggole Jupran mengatakan normalisasi atau pengerukan saluran tersier air dan saluran pembuang dilaksanakan di semua saluran air yang terdapat di tiga dusun di Desa Wawonggole.

Kepala Desa Wawonggole Jupran

“Kegiatan ini terlaksanakan dari hasil musyawarah melalui tingkat dusun, tingkat desa sampai dengan penetapan APBDes desa Wawonggole tahun 2021, Kata Jupran.

Jupran juga mengungkapkan, terkait volume atau panjangnya pemdes tidak bisa menentukan karena untuk yang lebih jelasnya hanya pada team tehnik.

Menurutnya semua saluran tersier dan pembuang yang berada di wilayah pemerintahan desa Wawonggole akan ditangani Pemdes melalui Program Padat PKDT.

“Kegiatan ini kami libatkan dari aparat desa yaitu kepala RT, kepala dusun, kepala urusan dan kepala seksi untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan PKDT,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 30 April 2021, terkait anggaran kegiatan program PKDT, pemerintah desa mengelontorkan sebanyak Rp. 48.000.000 dari anggaran APBDes tahun 2021.

Laporan: Jaspin