13 Mahasiswa Jurusan Matematika UHO Ikut Program PPL Satu

waktu baca 2 menit
Mahasiswa jurusan Metematika UHO yang ikut kegiatan program PPL 1. Foto Istimewah.

KENDARI, Sultranews.co.id – Sebanyak 13 Mahasiswa Jurusan Matematika, Fakultas Matematika da IPA, Universitas Halu Oleo (UHO) Ikut kegiatan Praktek Pendidikan Lapangan (PPL 1) di SMAN 2 Kendari, Jumat (13/09/2024).

“Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa UHO ini berkaitan dengan PPL 1. Yang mengikuti program PPL 1 ini adalah jurusan Matematika. Kami sudah buka secara bersama- sama tadi, dan kegiatan ini diawali dengan kegiatan observasi,” ujar Mustafa Hakim, S.Pd, M.Pd, selaku Koordinator PPG di SMAN 2 Kendari.

Lanjut Ia mengatakan, kegiatan yang akan dilakukan Mahasiswa PPL 1 tersebut yakni melakukan observasi lapangan, kemudian yang berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah dan observasi tentang administrasi serta praktek mengajar.

“Kegiatan PPL 1 ini berlangsung selama 1 minggu di sekolah, setelah itu mereka balik kempus untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Setelah mengikuti kegiatan kuliah di kampus kemudian balik lagi ke sekolah untuk ikut program PPL 1,” tuturnya.

Ia menambahkan, tujuan pelaksanaan program PPL 1 tersebut yaitu salah satunya peningkatan mutu pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

“Harapannya ini sebuah sering karena tidak menutup kemungkinan dari Mahasiswa mendapat informasi yang lebih,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kendari Nur Aida, S.Pd mengatakan, pihaknya menyambut baik program dari Universitas Halu Oleo (UHO) tentang pendidikan profesi guru.

“Harapannya mereka bisa belajar secara langsung bagaimana proses pembelajaran di sekolah, tentu saja mereka mengikuti kurikulum yang saat ini sedang kita gunakan yaitu kurikulum merdeka. Bagaimana mereka mencoba menggabungkan antara teori dan praktek yang mereka terima di kampus kemudian mereka menerapkan ilmu itu di lapangan, sambil menerima bimbingan dan arahan guru- guru yang menjadi pendamping mereka di sini,” jelasnya.

Laporan : Ronas