Silaturahmi di Desa Uelawu Konawe, Harmin-Dessy Disambut dengan Mombesara

waktu baca 2 menit

KONAWE, Sultranews.co.id – Acara silaturahmi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Harmin Ramba dan Dessy Indah Rachmat berakronim HADIR, di Desa Uelawu, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), disambut dengan prosesi “MOMBESARA”, Selasa (16/9/2024).

Kepala adat atau disebut dengan Pabitara, Burhan, mengatakan bahwa prosesi “MOMBESARA” adalah merupakan bentuk penghargaan mereka terhadap seseorang atau kelompok yang datang ke kampung mereka.

MOMBESARA kata Burhan, dilakukan karena dianggap sangat penting. Sebab tamu yang datang di wilayah mereka merupakan tamu istimewa yakni seorang calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe 2024-2029.

“Kedua pasangan tersebut merupakan orang penting. Bapak Harmin Ramba ini selain calon Bupati Konawe, beliau merupakan mantan Pj Bupati Konawe. Terus ibu Dessy Indah Rachmat juga merupakan istri dari Ketua DPD Gerindra Sultra. Jadi wajib bagi kami untuk menyambut mereka berdua dengan Kalo Sara, yang merupakan adat istiadat orang Tolaki,” kata Burhan.

Sementara itu, Harmin Ramba yang didampinggi Dessy Indah Rachmat, berterimaksih atas sambutannya yang sangat luar biasa. Sebab kata Harmin, baru di Desa Uelawu yang menyambut mereka menggunakan Kalo Sara “MOMBESARA”.

“Sambutan yang sangat luar biasa. Terimaksih yang tak terhingga untuk masyarakat Uelawu,” ucap Harmin Ramba tersenyum.

Inilah adat istiadat kita selaku orang pribumi “Tolaki” yang tidak bisa kita tinggalkan dan perlu kita junjung tinggi. MOMBESARA sebagai perwujudan Kalo Sara adalah bentuk penghargaan kita terhadap orang lain yang dianggap penting.

“Sekali lagi ini penghargaan yang sangat luar biasa bagi kami berdua. Semoga penghargaan masyarakat di malam ini, merupakan pertanda bagi kami berdua menjadi Bupati dan Wakil Bupati Konawe kedepan. Amin, Amin, Amin Ya Robbal Alamin,” ucap Harmin, sembari memegang Kalo Sara dengan ucapan doa.

Baca Juga :  40 Mantan Camat Berada di Belakang HADIR, Sambarli - Maharuddin: Kami Siap Menangkan

Laporan: Jaspin