Berhasil Sabet Juara Empat, Plt Bupati Koltim Janjikan Hadiah ke Peserta STQH

waktu baca 3 menit
Peserta Kapilah STQH asal Koltim, yang berhasil meraih juara 4 umum. Foto Istimewa.

KOLTIM – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Tingkat Provinsi Sultra Tahun 2021, Peserta kapilah asal Kabupaten Koltim berhasil meraih juara 4 umum, mengalahkan 14 kebupaten/kota.

Kolaka Timur (Koltim) yang baru saja seumur jagung itu, telah mampu menorehkan prestasinya dibawah binaan Plt Bupati Koltim Hj. Andi Merya Nur, S.Ip.

Atas raihan itu, Plt Bupati Koltim tak tanggung-tanggung menyanyikan sebuah hadiah kepada anak-anak peserta STQH yang baru saja mengharumkan nama Kolaka Timur pada peringkat 4 besar se-Sultra.

Kegigihan dari para peserta STQH, juga tak lepas dari support dan dukungan baik sebelum berlomba maupun pada saat berlomba.

“Yang juara Insya Allah secara pribadi saya akan berikan hadiah sebagai bentuk rasa syukur dan motivasi kami terhadap perjuangan dan dedikasi anak-anak kita ini,” janji Andi Merya Nur saat melepas kafilah STQH, pada akhir pekan lalu di Rujab Bupati Koltim.

Sekretaris Kafilah STQH Koltim Ahmadin menyebutkan, Koltim hanya kalah dari Kabupaten Kolaka sebagai juara umum, lalu Muna di urutan kedua dan Konawe Utara di urutan tiga. Bahkan, Kota Kendari yang berstatus tuan rumah, hanya berada di urutan ke lima dari 17 kabupaten dan kota se-Sultra yang mengikuti ajang tersebut.

Keberhasilan itu diraih setelah mengumpulkan dua emas, dua perak dan empat perunggu. Dan perolehan juara ini disampaikan saat penutupan ajang tersebut pada Selasa (6/4/2021) malam, oleh Wakil Gubernur yang juga ketua LPTQ Sultra Dr. H. Lukman Abunawas, S.H., M.H., M.Si.

Untuk dua emas ini masing-masing diraih Muh Dihyal Qalbi Yaumi dari cabang Hafalan 100 Hadits dengan sanad dan Fahmi Ihsan Sabrun dari cabang Hafal 500 Hadits. Untuk dua perak dipersembahkan masing-masing Marwana dari cabang Tilawah Al Qur’an Dewasa dan ACH. Faiz Fikri dari cabang Hafizh 30 Jus.

Sedang untuk empat perunggu, masing-masing dipersembahkan Inggit Rahma Sari dari cabang Hafizh 30 Jus, Marlina dari cabang Hifzh 1 Jus dan Tilawah, Ribi Aprilia dari cabang Hafizh 10 Jus dan Ahmad Musarraf Al-Amin dari cabang Hafizh 20 Jus.

Selain itu kata Ahmadin, Koltim juga meraih dua juara harapan II masing-masing dipersembahkan Nurfadila Sofyan dari cabang Hafalan 100 Hadits dan Amaliyah Ramadhani dari cabang Hafalan 500 Hadits. Sedang dua juara harapan III masing-masing dipersembahkan Fahrul dari cabang Hifzh 1 Jus dan Tilawah serta Siti Aisyah dari cabang Tafsir Al Qur’an Golongan Bahasa Arab.

“Alhamndulillah, proses latihan dan kerja keras, tidak menghianati hasil. Hanya pembinaan dan pelatihan peserta pada semua cabang lomba, perlu terus dilakukan secara berkesinambungan. Olehnya itu, bagi yang belum juara satu atau masuk harapan, jangan putus asa, lanjutkan latihan dengan istiqomah, Insya Allah dapat emas nantinya,”support Ahmadin.

Selain itu, ia juga berharap agar alokasi anggaran selain disediakan untuk pelaksanaan MTQ/STQH, juga perlu dialokasikan untuk dana pelatihan, pembinaan peserta yang tersebar di pondok-pondok dan sejumlah TPQ. Tak lupa, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Koltim di bawah kendali Hj Andi Merya Nur SIP, Kemenag Koltim, panitia pelatih, official dan peserta.

“Selamat kepada yang juara satu, harus terus berlatih lebih giat karena akan mewakili Sultra pada STQH Nasional di Maluku Utara pada Juli Nanti. Bagi yang belum juara satu atau masuk harapan, jangan putus asa, lanjutkan latihan dengan istiqomah, Insya Allah dapat emas nantinya,” harap Ahmadin.

Sebagaimana diketahui, prestasi yang ditorehkan ini, juga tak lepas dari perhatian Plt Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur SIP yang terus memberikan support dan dukungan baik sebelum berlomba sampai saat berlomba.

“Yang juara Insya Allah secara pribadi saya akan berikan hadiah sebagai bentuk rasa syukur dan motivasi kami terhadap perjuangan dan dedikasi anak-anak kita ini,” janjinya saat melepas kafilah STQH tersebut akhir pecan lalu di Rujab Bupati Koltim.

Laporan: Muh. Alpriyasin