KonaweWarta Desa

Berkat dari Anggaran DD, Tiga Warga di Konawe Nikmati Rumah Barunya

KONAWE – Rupanya di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya di Desa Puumbinisi, Kecamatan Pondidaha, masih terdapat warga yang tergolong kurang mampu untuk bisa memiliki Rumah bagus, Layaknya seperti rumah orang kaya pada umumnya.

Menindaklanjuti kegiatan tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Puumbinisi, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), merencanakan melalui Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDS), yang dilaksanakan tahun 2020 lalu.

Kades Puumbinisi Bahnur Lambu.

“Alhamdulillah tahun 2021 ini, kegiatan bedah rumah telah dimulai. Bahkan diperkirakan sudah hampir rampung,” kata Kepala Desa (Kades) Puumbinisi Bahnur Lambu, yang ditemui di lokasi bedah rumah, Jumat (4/6/2021).

Dikatakannya, dari sekian banyaknya kegiatan fisik di desa, tapi untuk kegiatan kegiatan bedah rumah ini, merupakan kegiatan paling tinggi retingnya pada saat pembahasan RKPDS Musdes.

“Sebenarnya di Musdes kami kemarin ada sekitar 10 warga yang kami sudah data untuk penerima RTLH. Tapi karena tahun ini masih fokus penanganan Covid, maka hanya 3 rumah saja yang terencana yakni 2 rumah di dusun 1 dan 1 rumah di dusun 2,” jelas Bahnur.

Adapun spesifikasi atau ukuran rumah tersebut, Bahnur menyebutkan ukuran luas 5×7 persegi meter, dengan kategori permanen. Untuk estimasi anggaran per yunit rumah diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah dari DD tahap pertama.

“Dari kami hanya membangun dinding, Lantai, atap, serta perabotnya seperti Koseng Jendela, Daun Pintu, peralatan perkakas atap atau yang dikenal dengan sebutan gording, dan peralatan lainya seperti besi,” sebutnya.

Sedangkan untuk pembangunan pondasinya, Lelaki paruh baya itu memaparkan jika itu sudah menjadi tanggungan dari pemilik rumah tersebut. Dimana pondasi itu sudah lama mereka buat dimasa-masa sebelumnya.

“Saat ini progresnya sudah mencapai 75 persen. Kalau tidak salah sudah diposisi pemasangan slop atas,” paparnya.

Selanjutnya, anggaran Dana Desa di tahap pertama ini, lanjut Banhur lagi, selain bedah rumah, pendataan SDGs pun juga telah rampung belum lama ini. Tim pendataan SDGs yang berjumlah puluhan itu, berhasil menyelesaikan dengan tepat waktu.

Menyusul penangan Covid-19 yang masih diprioritaskan tahun ini. Pemdes Puumbinisi, didampingi Bhabinkamtibmas, Babinsa Pondidaha, pendamping desa, bersama-sama melakukan penyemprotan di tempat-tempat umum.

“Selain penyemprotan, kami juga menyiapkan alat cuci tangan di rumah-rumah warga. Pendirian posko covid-19 dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Sementara itu penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), kata dia, telah disalurkan kepada 31 KPM yang tersebar di Desa Puumbinisi.

“Untuk kategori penerima, kami lebih prioritaskan yang Kepaka Keluarga baru, dan khususnya para lansia yang tergolong tidak mampu,” tukasnya.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id