NasionalPeristiwa

BMKG : Kabar Arus Angin Bawa Wabah Penyakit 10 April Hoaks

Nasional – Isu akan adanya arus angin dari utara ke selatan di wilayah Indonesia membawa wabah penyakit adalah hoaks, Jumat (10/4/2020).

Hal itu ditegaskan Deputi Bidang Meteorologi Herizal, bahwa pesan singkat yang beredar melalui WhatsApp yang menyatakan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit ternyata tidak benar.

“BMKG menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia), bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur – selatan (dari Benua Australia),” ujar Herizal dalam keterangan persnya.

Advertisement

Dia mengingatkan masyarakat jangan ternakan hoaks terhadap informasi terkait iklim atau cuaca beredar di media sosial (medsos) yang tidak dapat dipastikan kebenarannya.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi, yaitu melaluihttp://www.bmkg.go.id,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, masyarakat sempat dihebohkan beredar kabar di medsos akan terjadinya arah angin yang melintas di wilayah Indonesia membawa wabah penyakit.

Hal itu dikaitkan dengan adanya larangan total keluar rumah yang diberlakukan pada 10-12 April 2020. Namun ternyata kabar itu ditepis oleh BMKG dan dipastikan hoaks. (SN)

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id