Bupati Konawe Didaulat Penghargaan Kementerian Desa PDTT, KSK: Alhamdulillah ini Merupakan Penghargaan Keempat Kalinya Tingkat Nasional

waktu baca 2 menit
Penghargaan diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2023, Yogyakarta, Selasa (16/5/2023). Acara tersebut dihadiri langsung Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar dan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar.

KONAWE – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) didaulat untuk menerima Piagam Lencana Bakti Transmigrasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Ini merupakan penghargaan keempat tingkat nasional yang diterima KSK dalam kurung waktu empat bulan terakhir.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2023, Yogyakarta, Selasa (16/5/2023). Acara tersebut dihadiri langsung Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar dan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar.

Acara yang berlangsung Universitas Gajah Mada tersebut bgitu meriah karena dihadiri ribuan orang. Sejumlah kepala daerah dan warga calon transmigran tampak memenuhi auditorium kampus.

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan Kementerian Desa PDTT pada kesempatan itu. Pertama, penghargaan untuk kepala daerah atas kontribusi dan kerja keras dalam menyukseskan program transmigrasi. Terdapat 15 kepala daerah yang mendapat penghargaan tersebut.

Selanjutnya untuk kategori kedua, yakni penghargaan kepada kepala daerah yang mendukung pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan indeks perkembangan kawasan transmigrasi status mandiri. Penghargaan untuk kategori ini diberikan kepada 36 kepala daerah, termasuk Bupati Konawe.

Selain KSK, ada dua kepala daerah Sultra lainnya dikategori ini yang juga mendapat penghargaan. Mereka adalah Bupati Muna, LM. Rusman Emba dan Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga.

Kategori yang terakhir, yakni penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, penerima beasiswa program penjaringan siswa berprestasi di kawasan transmigrasi. Penghargaan itu diberikan kepada sejumlah mahasiswa berprestasi yang kuliah di berbagai kampus lintas daerah.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Kementerian Desa PDTT. Bupati dua periode itu mengungkapkan, Konawe selain menjadi surga investasi juga merupakan surganya transmigrasi.

Menurut KSK, majunya Konawe sebagai kabupaten dengan ekonomi terbaik di Sultra tidak lepas dari kontribusi warga di kawasan transmigrasi. Menurutnya, warga transmigrasi punya andil besar dalam menjadikan Konawe sebagai daerah lumbung berasnya Sultra.

Baca Juga :  Gemoynya Kendari Serentak Kembalikan Berkas Formulir di Tiga Parpol

“Warga transmigrasi dan lokal, semua hidup rukun di Konawe. Mau dia Jawa, Bali dan suku-suku lainnya, semuanya bersinergi dan membuat Konawe jadi seperti miniaturnya Indonesia. Makanya berani saya katakan kalau Konawe adalah surganya transmigrasi,” jelasnya.

SN