Bupati Konawe Tekankan Netralitas Kepala Desa di Pemilu 2024

waktu baca 1 menit
PJ Bupati Konawe Harmin Ramba saat menghadiri kegiatan di Desa di Konawe.

KONAWE, Sultranews.co.id – Bupati Konawe, Dr. Harmin, mengimbau kepada Kepala Desa se-Kabupaten Konawe untuk tetap menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pernyataan ini disampaikan saat kunjungan kerjanya di Desa Puuuhopa, Kecamatan Puriala, pada Senin (21/11/23).

“Saya tekankan kepada Kepala Desa, jangan menjadi tim sukses salah satu calon. Jadilah kepala pemerintahan yang berada di semua golongan, karena Kepala Desa merupakan salah satu penyelenggara negara,” tegasnya.

Bupati juga meminta agar netralitas Kepala Desa dijaga dan tidak ikut campur dalam Pemilu 2024. “Biarkan para calon bertarung tanpa melibatkan Kepala Desa,” ujarnya.

Harmin mengungkapkan keprihatinannya terkait laporan adanya Kepala Desa yang ikut memasang baliho. “Meskipun lebih baik Kepala Desa, tetapi saya juga mendapatkan informasi bahwa Camat ikut memasang baliho,” tambahnya.

Selain itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tenggara ini mengimbau seluruh Kepala Desa untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat serta menghindari konflik di tengah masyarakat.

“Saya berharap dalam rangka Pilcaleg dan Pilkada 2024 mendatang, kita bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusifitas daerah serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat menggiring perpecahan di antara warga,” tutupnya.

SN