KesehatanTips & Lifestyle

Benarkah Cegah Corona dengan Konsumsi Telur Rebus, Ini Fakta dan Khasiatnya

Kendari – Masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini sedang heboh terhadap kabar mengkonsumsi telur yang diyakini dapat mencegah virus Coronavirus Disease (Covid-19), Kamis (26/3/2020).

Bahkan sebagian besar warga rela berbondong-bondong menyerbu pasar dan toko sembako untuk membeli telur setelah mendengar kabar tersebut.

Menurut ahli penelitian, fakta dibalik khasiat kandungan yang terdapat dalam telur mampu meningkatkan kemampuan daya kekebalan tahan tubuh (Sistem Imun) yang dapat memperlambat penyebaran virus seperti halnya Covid-19.

Advertisement

Berdasarkan data yang dikutip dari situs worldometers.info, virus corona atau nama lainnya Covid-19 ini telah menyebar cepat ke 192 negara, termasuk Indonesia. Alhasil, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah corona sebagai pandemi.

Hal ini tentunya membuat semua warga Indonesia merasa khawatir dan panik akan dirinya terinfeksi virus yang bisa mematikan ini.

Menurut Immune Deficiency Foundation, virus yang menyerang sistem pernapasan ini mudah menular melalui kontak perorangan secara langsung. Apalagi bagi orang yang memiliki imunitas sangat rendah, maka berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

Untuk itu, bagi setiap orang saatnya mulai menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penularan Covid-19. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

Struktur pada sebuah telur

Fakta kandungan telur dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai kebutuhan.

1. PERLINDUNGAN TERHADAP OTAK

Fosfolipid akan membantu komunikasi sel-sel otak yang terdiri dari kolin. Sementara kolin adalah vitamin yang secara klinis terbukti sebagai penyusun terpenting di otak kita.

Makan dua butir telur sehari akan memenuhi kebutuhan kolin, sehingga risiko dementia bisa diturunkan.

2. MEMBANTU PENYERAPAN KALSIUM

Telur kaya akan vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium serta memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D akan memfasilitasi penyerapan kalsium oleh usus dan merangsang penyerapan ion fosfat serta magnesium.

3. MENYEHATKAN INDRA PENGLIHATAN

Penelitian terbaru menemukan bukti bahwa telur ayam tinggi akan lutein. Zat ini bertanggungjawab untuk penglihatan yang jelas dan tajam.

Lutein disebut vitamin karotenoid yang dapat membantu mencegah penyakit mata, termasuk katarak dan degenerasi makula akibat faktor usia.

Sementara itu, kekurangan lutein dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mata dan penglihatan secara permanen.

4. MENURUNKAN RISIKO PENYAKIT JANTUNG

Meskipun mengandung kolesterol, penelitian terbaru menyebutkan bahwa kolesterol di dalamnya dapat diimbangi dengan fosfatida. Fosfatida bertugas menghambat produksi kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, asam lemak Omega 3 yang ada di dalam telur akan membantu mengurangi kadar trigliserida, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. MEMBANTU PENURUNAN BERAT BADAN

Menurut para ilmuwan, kombinasi diet rendah kalori dengan sarapan telur akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Sarapan seperti ini akan menjaga perut Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama. Jadi Anda tidak akan makan dalam porsi berlebihan sesudahnya.

6. MENJADIKAN KULIT LEBIH SEHAT

B12, dan protein yang mudah dicerna di dalam telur akan membantu menyehatkan rambut dan kulit. Fosfolipid yang terkandung di dalam telur juga akan membantu hati dalam menetralisir toksin.

7. MENURUNKAN RISIKO KANKER

Makan dua butir telur ayam sehari akan mengurangi risiko kanker. Menurut sebuah penelitian, risiko terkena kanker payudara pada wanita yang diet hariannya termasuk telur lebih rendah 18 persen. Hal ini disebabkan karena kolin di dalam telur.

8. MENINGKATKAN KESUBURAN

Vitamin B yang ditemukan di dalam telur membantu pembentukan hormon seks. Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 akan membantu pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin. Satu telur ayam mengandung 7.0 mcg vitamin B9.

Asam folat juga mengurangi kemungkinan anak menderita keterbelakangan mental. Jadi pasangan yang sedang program kehamilan pun perlu konsumsi telur secara teratur.

CARA PENYAJIAN

Untuk kebutuhan tubuh, telur dapay dikosumsi sebanyak dua butir setiap hari dengan cara direbus atau dikukus.

Penulis. Wayan Sukanta

Back to top button