KonaweWarta Desa

DD Tahap Dua Mulai Direalisasikan, Pemdes Wonggeduku Bangun SPAL di Tiga Dusun

KONAWE – Dana Desa (DD) tahap dua tahun ini mulai direalisasikan. Desa Wonggeduku, Kecamatan Wonggeduku Barat (Wobar), Sulawesi Tenggara (Sultra), kini mulai membangun SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) di tiga dusun.

Masing-masing tersebar di dusun 1 sebanyak 2 titik, dusun 2 sebanyak 1 titik dan dusun 3 sebanyak 2 titik.

Warga Dusun 3 saat mulai melakukan pengalian pembangunan SPAL. Foto: Jaspin

Kepala Desa Wonggeduku Syawal, S.Sos menuturkan, DD tahap dua ini, lebih di fokuskan ke pembangunan SPAL. Mengigat di tiga dusun tersebut, sering tergenang air ketika musim hujan turun.

Advertisement

“Pembangunan SPAL di tiga dusun ini terdapat 5 titik, dengan panjang masing-masing titik pembangunan diperkirakan mencapai 100 meter persegi,” tutur Syawal, yang ditemui di Lokasi Pekerjaan SPAL, Minggu (8/8/2021).

Pemerintah Desa (Pemdes) Wonggeduku, kata Syawal, pembangunan atau pembuatan SPAL adalah merupakan pekerjaan prioritas DD tahap dua. Dan itu merupakan permintaan dari masyarakat.

Nampak warga Dusun 1 sementara melakukan pengalian pembangunan SPAL di Dusun 1. Foto: Jaspin

“DD tahap dua ini selain pembangunan SPAL, juga terdapat insentif petugas Covid-19, dan petugas kesehatan seperti Posyandu,” jelasnya.

Selain pembangunan SPAL dan pembayaran insentif petugas kesehatan lanjut dia, juga masih fokus pada penanganan dan pencegahan Covid-19.

Syawal juga menambahkan bahwa pembangunan/pembuatan SPAL melibatkan warga setempat dengan sistem padat karya tunai.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id