KonawePemerintahan

“Demokrasi Leadership Style” Salah Satu Gaya Kepemimpinan Bupati KSK

KONAWE – Salah satu gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, atau yang dikenal dengan sapaan akrabnya KSK yakni gaya demokrasi leadership style.

Gaya kepemimpinan KSK sebagai demokrasi leadership style, diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Dr. Suriyadi, S.Pd., M.Pd.

Kata Doktor Suriyadi, salah satu gaya kepemimpinan yang dimiliki Bupati Konawe adalah gaya demokrasi leadership style.

Advertisement

Gaya kepemimpinan seperti itu, kata Suriyadi, mencerminkan ketika bapak bupati Konawe didalam mengambil keputusan atau kebijakan itu pasti diperoleh dari saran, masukan dari masyarakat, serta dari beberapa birokrasi yang memberikan pertimbangan, beliau tidak langsung mengambil sebuah keputusan final.

Sementara gaya kepemimpinan yang kedua dari Bupati KSK yaitu gaya visioner leadership style. Dalam mengambil keputusan Pak KSK selalu mempertimbangkan berbagai hal.

“Ini tercermin ketika bapak bupati mengambil satu kebijakan atau program itu berpikir sangat jauh, sementara yang lain belum memikirkannya. Artinya bahwa pak Bupati KSK memiliki pemikiran dalam mengambil keputusan itu jauh dalam mempertimbangkan segala hal,” ungkapnya.

Kemudian gaya yang ketiga adalah gaya Aviliasi leadership style. Gaya demikian, kata Suriyadi bahwa Bupati KSK sangat santun dan terbuka untuk bersahabat dengan siapapun.

“Kita bisa buktikan bahwa bapak bupati Konawe sangat santun dan menerima untuk bersahabat dengan siapapun, terlebih lagi untuk pembangunan Konawe dalam mewujudkan Konawe gemilang,” tegasnya.

Keempat, lanjut Suriyadi gaya kepemimpinan keempat pak KSK adalah gaya kepemimpinan situasional leadership style.

“Beliau dalam situasi apapun bisa mengambil sebuah keputusan dan menerima saran dari mana saja dan insha Allah dari keputusan itu tidak ada yang merasa dirugikan atau melukai siapapun. Dan ini merupakan cerminan karakteristik dari bapak bupati Konawe,” bebernya.

Suriyadi mengharapkan apapun yang diwujudkan untuk Konawe dapat menjadi refleksi dalam mewujudkan harapan masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Saya berharap sebagai bawahan beliau, sekaligus sebagai rekan kerja dari bapak bupati Konawe, agar apa yang telah diwujudkan bisa menjadi refleksi untuk mewujudkan Sulawesi Tenggara yang gemilang,” pungkasnya.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id