AdvetorialKonawe

Dengan Bertemakan “Menuju Konawe Satu Data” Pemkab Konawe Gelar Musrenbang

KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) daerah dengan tema “menuju Konawe satu data” yang digelar disalah satu hotel di Unaaha Rabu (27/01/2021).

Kegiatan Musrembang tersebut, dimaksudkan adalah untuk menyatukan seluruh data lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Konawe, agar tetap didalam satu data.

Wakil Bupati Konawe, Gusti Topan Sabara dalam sambutanya mengatakan musrembang merupakan proses yang sangat penting dilaksanakan dalam upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan kearah yang lebih baik.

“Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Konawe merupakan daerah tertua di Sultra, maka sepatutnyalah kita senantiasa harus memposisikan diri kita sebagai yang terdepan dalam berbagai aspek. Kita harus memastikan bahwa Kabupaten Konawe mampu menjadi katalisator bagi daerah-daerah lainnya dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan,” kataDengan Bertemakan "Menuju Konawe Satu Data" Pemkab Konawe Gelar Musrenbang

GTS sapaan akrab Wakil Bupati Konawe melanjutkan, dalam beberapa tahun terakhir diketahui dari sisi pencapaian makro ekonomi Kabupaten Konawe menjadi yang terbaik di wilayah regional Sultra, hal ini tentunya merupakan salah satu prestasi yang sangat membanggakan dan patut disyukuri.

“Rata-rata pertumbuhan ekonomi kabupaten konawe cukup jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sultra (9,2 persen, red), ini membuktikan bahwa Kabupaten Konawe menjadi daerah yang meyumbangkan kesejahteraan bagi Provinsi Sultra. Prestasi ini akan terus kita dorong dengan langkah konkrit yang nyata dan benar-benar terukur,” bebernya.

Lanjutnya dia, harus disadari bahwa perbaikan tata kelola pemerintah tidak cukup hanya pada aspek pengelolaan keungan daerah, namun yang jauh lebih penting dari hal tersebut adalah memastikan bahwa sejak proses perencanaan hingga tiba pada pelaksanaan anggaran berjalan sesuai norma dan regulasi yang berlaku.Dengan Bertemakan "Menuju Konawe Satu Data" Pemkab Konawe Gelar Musrenbang

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Munawar Taligana mengungkapkan, pelaksanaan Musrenbang dengan tema Konawe satu data ini, nantinya akan bekerja sama dengan akademisi Universitas Haluoleo (UHO) dengan menggunakan metode kualitatif.

“Harapan saya juga nantinya ketika telah selesai pengerjaan Konawe satu data ini, kita akan buat bukunya” kata Munawar.

Begitu pula dengan Kepala BPS Sultra, Agnes Wiliastuti juga mengungkapkan, jika data sangat penting dalam perencanaan pembangunan suatu daerah, yang dimana data yang dimiliki di tiap-tiap daerah pada lingkup OPD berbeda satu sama lain.

“Konawe ini sangat hebat. Saat ini baru Konawe yang melaksanakan kegiatan ini, kami saja dari provinsi belum memproses forum satu data ini,” jelasnya.

SN

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id