Desa Ulu Benua Terpilih Wakili Konawe di Ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi

waktu baca 2 menit
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Konawe Keny Yuga Permana, S.STp. MAp, saat bertandang ke Desa Ulu Benua dalam rangka penilaian lomba desa.

KONAWE – Pemerintah daerah Kabupaten Konawe sukses melaksanakan kegiatan Lomba Desa tingkat Kabupaten Tahun 2023. Dari ratusan desa yang mengikuti kegiatan tahunan ini adalah Desa Ulu Benua, Kecamatan Amonggedo keluar sebagai juara dan berhak mewakili Kabupaten Konawe dalam ajang Lomba Desa tingkat Provinsi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Konawe Keny Yuga Permana, S.STp. MAp saat diwawancarai awak media, Senin (12/7/2023) mengungkapkan bahwa Desa Ulu Benua berhasil mendapatkan nilai tertinggi dalam penilaian lomba desa.

Kadis PMD Kabupaten Konawe Keny Yuga Permana bersama tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten saat berkunjung di desa Ulu Benua.

“Hasil evaluasi dan penilaian tim penilai lomba desa berdasarkan Permendagri 81 tahun 2018, desa Ulu Benua mendapatkan nilai tertinggi,” jelasnya.

Dalam Permendagri itu disebutkan ada 3 indikator penilaian yang menjadi focus tim dalam melakukan penilaian, yang pertama pelayanan Pemerintah, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

Sektor pelayanan pemerintahan, Desa Ulu Benua mampu meyakinkan tim penilai dengan menunjukkan perangkat pemerintahan yang lengkap dan terorganisir dengan baik. Sektor kewilayahan Desa Ulu Benua merupakan salah satu desa dengan tingkat produksi pertanian tertinggi di Sulawesi Tenggara, serta Kemasyarakatan Desa Ulu Benua terdiri dari masyarakat adat Bali yang masih eksis melestarikan budayanya. Selain itu potensi wisata permandian dan kearifan lokal terus tumbuh dan berkembang melengkapi indahnya pesona Desa Ulu Benua.

“Saat ini kami sudah melakukan pembinaan sejak 2 minggu yang lalu dan dalam waktu dekat kami bersama Bupati dan Sekda Konawe akan menggelar rapat membahas persiapan menghadapi lomba desa tingkat Provinsi,” ujarnya.

Perihal ini Keny menjelaskan bahwa pihaknya optimis desa Ulu Benua akan keluar sebagai juara lomba desa tingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan ini.

Baca Juga :  Sosok Nasrullah Faizal Caleg Dapil IV Konawe yang Mempunyai Misi Gemilang

Terpisah kepala desa Ulu Benua I Made Adi mengaku dengan segala potensi dan sumber daya yang ada serta dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Konawe pihaknya yakin bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Konawe.

“Desa Ulu Benua berkomitmen memberikan pelayanan pemerintah yang lebih baik,” katanya.

SN