Dikabarkan Presiden Jokowi Bakal Kenakan Pakaian Khas Adat Sultra, Bupati KSK: Itu Bukti Kalau Konawe Adalah Masa Depan Indonesia

waktu baca 2 menit
Sekprov Sultra, Asun Lio saat berkunjung ke istana presiden untuk membawa dua pakaia adat khas Sultra (tolaki dan buton). Foto Ist

KONAWE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengenakan pakaian adat khas Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022.

Kabar tersebut juga telah sampai ke telinga Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK). Ia mengaku sangat mengapresiasi Presiden Jokowi jika nanti yang dikenakan adalah pakaian khas dari Sultra.

Menurut bupati dua periode itu, Presiden Jokowi memang selalu memberikan perhatian khusus kepada Sultra, tak terkecuali di Konawe. Selama ini, presiden banyak mendorong investasi dan proyek strategis nasional ke Sultra.

KSK sangat berharap kabar terkait Jokowi bakal mengenakan pakaian adat Sultra itu benar adanya. Ia tak sabar menunggu kepastian informasi tersebut. Terlebih kata dia, salah satu opsi dari pakaian adat yang akan dipakai adalah pakaian ada khas Tolaki yang lahir dari Bumi Konawe.

“Konawe sendiri adalah masa depan Indonesia. Kita adalah lumbung besar dan saat ini menjadi salah satu pusat investasi nasional. Makanya akan sangat luar biasa kalau pak Jokowi nanti bisa mengenakan pakaian ada khas Sultra, khususnya dari Konawe,” harapnya.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, saat mengenakan pakaian khas adat Tolaki. Foto Ist

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili saat dikonfirmasi via WhatsApp membenarkan kabar tersebut. Kata dia informasi tersebut juga dia dengar melalui Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra. Asrun Lio.

“Kemarin melalui pak Sekprov begitu infonya. Tapi tadi pagi saya dapat info yang mau dipakai pakaian dari Buton. Masih belum clear infonya,” ujarnya dalam pesan yang dikirimkan, Minggu (14/8/2022).

Belli menambahkan, saat ini Sekprov masih berada di istana kepresidenan untuk menyerahkan dua pakaian adat asal Sultra, yakni pakaian adat Tolaki dan Buton. Salah satu dari keduanya yang nantinya akan dipilih presiden.

Baca Juga :  Demi Pembangunan Konawe, Harmin Ramba Rela Jadi "Peminta-minta" di Kementrian

“Insya Allah yang dipakai baju (pakaian adat) dari Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain pakaian adat, Sultra diberi kesempatan untuk menampilkan tarian khas pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia di istana negara. Tari yang akan ditampilkan adalah tari Lumense dari Kabupaten Bombana.

“Ini kita bawa rombongan penari lumense untuk tampil di istana tanggal 17 Agustus,” pungkasnya.

Laporan: Jaspin