KonawePendidikanPolitik

Dikbud Konawe Bersama KPU Tandatangani MoU, Berikut Tujuannya

KONAWE — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kepala Dinas Dikbud Konawe, Dr Suriyadi dan Ketua KPU Konawe, Muhammad Azwar.

Dengan adanya kerjasama yang terjalin, Dikbud Konawe kedepannya akan menerapkan pemilihan OSIS disetiap sekolah menengah pertama (SMP) berbasis edukasi demokrasi.

Advertisement

“Ini memang sebuah praktek baik yang mengadopsi praktek dari KPU Bantul bagaimana KPU masuk di satuan pendidikan khususnya di SMP dalam rangka pemilihan Ketua OSIS,” jelas Suriyadi.

Lanjutnya, jika hal ini dapat berjalan, secara tidak langsung penerapan edukasi demokrasi sejak dini kepada para pelajar telah dilakukan.

Hai itu juga dapat memberikan stimulan pengetahuan terhadap para pelajar sehingga dapat memahami sistem demokrasi.

“Integralisasi pendidikan yang ada di mata pelajaran PKN tentang sistem demokrasi itu ternyata belum cukup,” tuturnya.

Selain itu, Suryadi juga membeberkan jika nantinya KPU akan ikut berperan sebagai fasilitator. Sedangkan Dikbud akan berperan sebagai mediator dalam pemilihan.

Masih kata Suryadi, pihaknya juga bakal berupaya agar kerjasama yang telah disepakati dapat terealisasi dengan cepat.

“Kita berharap ini menjadi edukasi yang luar biasa kepada anak-anak kita, generasi kita dalam rangka memahami serta mengimplementasikan tentang nilai-nilai demokrasi,” tandasnya.

SN

Back to top button