Dikbud Konawe Gelar Bimtek PAUD Holistik Integritas

waktu baca 2 menit
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integritas (PAUD HI).

KONAWE, Sultranews.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integritas (PAUD HI).

Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Kamis (7/9/2023) dan dihadiri kurang lebih 100 peserta yang tergabung dalam lembaga PAUD Kabupaten Konawe.

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Kepala Dikbud Konawe, Suryadi, Sekretaris Dikbud, Sesi Serlita, Kabid PAUD Diknas, Siti Rostini, Kabid Dikdas Lalang Hendrawan.

Kepala Dikbud Konawe, Suryadi dalam sambutannya mengatakan layanan peran PAUD harus lebih di intensifkan sebab anak usia enam tahun kebawah merupakan generasi emas sehingga pengembangan, pendidikan dan perlindungan harus dipersiapkan sebaik mungkin.

“Pada masa usia dini, Anak-anak kita telah mulai menampakan bakat mereka. Jadi untuk anak-anak PAUD merupakan tanggung jawab kita untuk membimbing mereka dengan baik,” Ujar Suryadi.

Selain itu, Suryadi menerangkan, PAUD HI merupakan salah satu upaya menangani stunting yang telah menjadi isu nasional.

Kata dia, tanggung jawab memberikan bimbingan kepada anak di usia dini tidak hanya ada pada Pemkab, namun Pemerintah Pusat memberikan tanggung jawab kepada kita semua baik Ormas, lembaga-lembaga sosial, maupun masyarakat.

“Saya apresiasi kepada kepada bidang PAUD Dikmas karena telah berupaya ke Kementerian sehingga Bimtek PAUD HI dapat terlaksana karena tidak semua daerah diberikan kesempatan untuk melaksanakan PAUD HI,” Tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek PAUD HI, Siti Rostini mengatakan, PAUD HI adalah upaya pemerintah dalam pengembangan usia dini yang dilakukan untuk kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait dengan stimulan, sistematis, dan ter integritas.

“Layanan stimulan holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan merupakan kebijakan yang melibatkan instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, dan tokoh masyarakat yang dimana telah sesuai dengan Perpres Nomor 60 tahun 2013,” Kata Siti Rostini.

Baca Juga :  Kemesraan Harmin Ramba dan Ardin Memuncak di HUT Konawe

Ia juga menjelaskan, PAUD HI semakin diperkuat dengan terbitnya Perpres Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang mengamanatkan perlu adanya rencana aksi nasional dan daerah pengembangan PAUD HI.

Selain itu, lanjut Siti, Bimtek tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah PAUD yang mampu menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dan layanan holistik integratif sebagai upaya pencegahan penurunan angka stunting dengan target 70 persen pada satua PAUD penyelenggaraan layanan holistik integratif di tahun 2024.

“Strategi pengembangan anak di usia dini diawali melalui penguatan dan penyelarasan pemberdayaan masyarakat yang digelar oleh Dikbud Konawe dengan menggelar Bimtek PAUD HI,” Tandasnya.

Perlu diketahui, Bimtek PAUD HI yang diselenggarakan oleh Dikbud Konawe akan digelar selama tiga hari yang dimulai pada, Kamis 7 sampai dengan 9 September 2023.

SN