KonawePendidikan

Dukung Program Geser, Dikbud Konawe Gandeng Bank Sultra Cabang Konawe

KONAWE – Program Gerakan Sedekah Sehari Seribu (Geser) yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), merupakan gerakan sosial amaliah dan edukasi yang dilakukan oleh pegawai Dikbud Konawe, Kepala Sekolah (Kepsek), guru, siswa, orang tua siswa, tokoh masyarakat, pihak swasta, bank, komunitas sosial pendidikan,dan stakeholder lainnya.

Kepala Dikbud Konawe Dr. Suriyadi, S.Pd., M.Pd menjelaskan, program Geser merupakan akronim dari Gerakan Sedekah Sahari Seibu (Geser) yang tujuannya untuk membantu siswa yang kurang mampu dan berprestasi. Karena kenyataannya masih ada sebagian besar siswa yang kurang mampu yang belum berkesempatan mendapat bantuan ,seperti bantuan PIP dari pusat. Atas dasar ini program Geser 1.000 bisa menjadi solusi.

“Gagasan ini merupakan inovasi kami pada kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional TK.II Angkatan VIII Tahun 2020. Geser 1000 akan menyasar siswa yang tidak mampu dan siswa yg berprestasi di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se Kabupaten Konawe,” jelas Suriyadi, yang ditemui Sultranews, usai penandatanganan kerjasama dengan pihak Bank Sultra Cabang Unaaha, Rabu (22/7/2020).

Adapun target kami, kata Suriyadi, dalam 2 bulan ini, insya allah kami akan membantu 100 orang siswa yg tdk mampu dan siswa yg berprestasi yg kriteria penerimanyaa berdasarkan indikator yg telah ditetapak oleh tim pengelola GESER 1000.

“Program Geser ini direncanakan akan di lounching pada awal Bulan Agustus dengan pendekatan zonasi yaitu dengan membagi lima zona. Yakni Kecamatan Latoma, Unaaha, Puriala, Pondidaha dan Sampara,” sebutnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa sebelum gagasan program inovasi Geser di implementasikan, kami sudah melalui tahapan seminar rancangan proyek perubahan di PUSLATBANG LAN Makassar pada bulan Juni 2020 lalu, dan Alhamdulillah gagasan tersebut akhirnya direstui dan mendapat dukungan dari Bupati dan wakil bupati konawe, serta Sekretaris Daerah (sekda).

“Alhamdulillah, berkat restu dan suport dari pemerintah daerah, program Geser ini bisa terlaksana hingga saat ini. Selain itu, gagasan ini kami juga akan komunikasikan dengan forkopimda untuk mndapatkan dukungan atas gagasan ini,” ucapnya.

Suriyadi juga berharap agar gagasan atau inovasi ini dilakukan secara berkelanjutan dan bisa dikembangkan pada sektor-sektor lainnya.

“Geser 1000 ini kita harapkan dapat mengedukasi siswa siswi kita agar terbentuk karakter peduli sesama dan kedermawanan sehingga disekolah tumbuh budaya sedekah denhan spirit bahwa dengan uang 1000 rupiah kita bisa membantu mereka yang tdk mampu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bank Sultra Cabang Unaaha Rinti Relawati, SP., MM mendukung penuh program Geser tersebut.

Menurutnya, program Geser memang sangat bermanfaat khususnya dalam membantu anak-anak sekolah yang kurang mampu, utamanya yang berprestasi.

“Bentuk support kami dari bank sultra cabang unaaha adalah dengan menyiapkn space pada banking hall kantor cabang sebagai sarana untuk gerakan ini melakukan edukasi terkait program Geser 1000 ini dalam bentukĀ  standing banner sekaligus kotak untuk mengumpulkan sumbangan dari nasabah yg mungkin tergugah hatinya untuk menyisihkn sebagian rezeki ataupun kembalian transaksi yg dilakukan pada bank sultra cabang unaaha,” tutur Rinti.(SN)

Back to top button
error: Content is protected !!