KonaweNewsWarta Desa

Gelar Pelatihan Lembaga Adat, Camat Besulutu: Budaya Lokal “Tolaki” Adalah Warisan Yang Harus Dilestarikan

KONAWE – Pemerintah Desa se-Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan lembaga adat desa.

Kegiatan kebudayaan yang digelar selama tiga hari ke depan ini diikuti oleh seluruh lembaga adat yang berada di desa se- Kecamatan Besulutu, dengan menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2022.

Camat Besulutu, Nurleila Saranani yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan pihaknya sangat memberikan dukungan mengapresiasi terhadap para Pemdes Kecamatan Besulutu, karena telah memprogramkan pelatihan lembaga adat desa.

Advertisement

“Pelatihan ini merupakan salah satu langkah dalam melestarikan kembali adat dan budaya lokal yang merupakan warisan dari pendahulu orang tua kita yang sangat dijunjung tinggi sebagaimana dalam moto suku tolaki Inae kona sara iyei pinesara, Inaelia sara iyei pinekasara,” terangnya.

Dikatakannya, pelatihan adat merupakan suatu kegiatan adat budaya dengan tujuan akhir bisa meningkatkan kualitas SDM dari segi kebudayaan, serta dalam pelestarian adat dan budaya di Konawe.

“Dengan kegiatan ini nilai-nilai budaya bisa direalisasikan di tengah-tengah masyarakat agar generasi pemangku adat menjadi lebih baik di masa mendatang,” terangnya.

Untuk diketahui, para peserta dalam kegiatan ini akan mempraktekkan peletakan adat peohala, adat perkawinan mulai dari moawo niwule, mesokei, morumbandole, dan mowindahako.

Laporan: Jaspin

Back to top button
error: Copyright by sultranews.co.id