KonawePemerintahan

Gema Masyarakat Bersatu Unjuk Rasa di Kantor Bupati Konawe Minta Lurah Asinua Dicopot

KONAWE – Generasi Muda Asinua (Gema) Masyarakat Asinua Bersatu (Mabes), menggelar unjuk rasa di Kantor Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (14/12/2022).

Unjuk rasa yang digelar oleh Generasi Muda Asinua meminta kepada Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, agar mencopot jabatan Lurah Asinua, Kecamatan Unaaha, atas nama Sajirun, S.Sos.

Dalam orasinya Bayu Habib menuturkan, bahwasanya penyelenggaraan pemerintah yang baik adalah pemerintahan yang memberikan berbagai kemudahan, kepastian dan komunikasi yang baik kepada warga masyarakat dan melindungi dari berbagai tindakan yang sewenang wenang terhadap hak maupun harta benda masyarakat.

Advertisement

Tetapi fakta yang terjadi, kata Bayu, saat ini khususya di Kelurahan Asinua Kecamatan Unaaha, unsur pimpinan dalam hal ini Lurah Asinua sangat berbanding terbalik dengan kondisi ideal seperti yang kami kemukakan.

“Lurah Asinua saudara Sajirun dalam memimpin Kelurahan Asinua sangat bersifat otoriter, arogan, kesewenang-wenangan dan tidak transparan dalam hal pengelolaan keuangan yang sifatnya terbuka untuk umum terutama yang menyangkut dana Umat,” teriak Bayu, saat berorasi di Depan Kantor Bupati Konawe.

Untuk itu, Lanjut Bayu, atas nama Generasi Muda Asinua dan Masyarakat Asinua Bersatu menyatakan sikap bahwa menduga Selama lurah Asinua menjaiankan roda pemerintahan di Kelurahan Asinua bersifat otoriter, arogan, dan sewenang weneng.

Selanjutnya menduga kuat Lurah Asinua menggunakan dana pembangunan Masjid Fastabiqul Khairat dan dana pembersihan tempat pemakaman umum (TPU) di kelurahan asinua untuk kepentingan pribadi.

“Lurah Asinua di duga melakukan penghinaan terhadap Generasi Muda Asinua dengan kalimat “Sarjana Mbewowi” (sarjana bodoh),” ucapnya.

Lebih lantang Bayu mengatakan, mendesak dan memina Bupati Konawe untuk segera mencopot dan mengganti Lurah Asinua saudara Sajirun.

“Kami (masa aksi) akan menyegel kantor Lurah Asinua dan tidak akan membuka sebelum Lurah Asia dicopot atau diganti,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konawe Ilham Jaya, didampingi Kabag Pemerintahan Armin Majid dan Camat Unaaha Aswar yang menerima masa aksi mengatakan akan menindaklanjuti dari pada tuntutan Gema Mabes asinua.

“Tuntutan dari adik-adik akan kami laporkan keatasan dalam hal ini Bapak Sekretaris Daerah (Sekda) dan pimpinan tertinggi kami Bupati Konawe, dan akan memanggil Lurah Asinua saudara Sajirun,” singkat Ilham.

Usai menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Konawe, Gema Mabes bergeser ke Kantor Kelurahan Asinua, guna melakukan penyegelan Kantor.

SN

Back to top button