Giat Jumat Curhat Terus Digaungkan Demi Mendengarkan Keluhan Masyarakat

waktu baca 3 menit
Wakaporles Konawe, Kompol M. Alwi, S.Ag saat mendegarkan keluhan masyarakat pada kegiatan jumat curhat. Foto ist

KONAWE – Kegiatan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang disebut dengan “Juma’t curhat”, terus digaungkan di seluruh Indonesia, melalui Kepolisian Daerah (Polda), Kepolisian Resor (Polres) hingga ke tingkat Kepolisian Sektor atau yang dikenal dengan Polsek.

Seperti yang tengah digaungkan Kepolisian Resort (Polres) Konawe hingga ke Polsek-polsek, nampaknya masyarakat khususnya di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), sangat terbantu apalagi bisa langsung berkomunikasi dengan para petinggi di Kepolisian tersebut.

Siang tadi, Wakil Kepolisian Resor (Wakapolres) Konawe Kompol M. Alwi, S.Ag hadir dalam giat Jumat CurhatĀ di Masjid Babussalam Kelurahan Tudaone, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe, Jumat (3/2/2023).

Wakapoplres dalam kesempatan itu mengatakan, jika tujuan kehadiran kepolisian ditengah-tengah masyarakat adalah untuk mendengarkan langsung keluhan, saran dan masukan serta informasi langsung dari masyarakat.

Terkait pelayanan Kepolisian dan Keamanan, Ketertiban masyarakat, agar Polres Konawe kedepan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi.

Mewakili Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, orang nomor dua di Polres Konawe ini langsung mendengarkan keluhan dan informasi dari masyarakat.

Ada tiga laporan atau keresahan masyarakat, antara lain masyarakat merasa khawatir dengan peredaran Narkoba yang terjadi di perkotaan, bahkan dari kota mulai menjalar ke pedesaan. Selanjutnya balap liar yang biasa dilakukan oleh anak-anak di depan kampus Unilaki juga membuat warga resah. Terakhir Lambatnya material bantuan perumahan yang merupakan program dari Dinas PUPR Konawe.

Menyawab daripada laporan dan atau keluhan masyarakat itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan menyampaikan kepada orang tua agar selalu memberikan edukasi kepada anaknya akan bahaya Narkoba.

Katanya, hampir setiap pekan ada saja pengedar narkoba yang tertangkap dan pihaknya langsung di publikasikan di media-media online media cetak, hingga kemedia sosial seperti Facebook dan Instagram.

Baca Juga :  Panji Muda Deklarasi Dukung Yudianto Mahardika di Pilwali Kota Kendari

Soal balap liar, ia mengakui bahwa di titik tertentu masih ada anak muda yang balap liar. Namun dengan aktifnya tim Polres Konawe melakukan Patroli balap liar sudah berkurang.

“Kita juga aktif melakukan Patroli setiap malam minggu di tempat anak muda balap liar,” ujarnya.

Terkait keterlambatan material bantuan perumahan, pihaknya akan membantu masyarakat dengan cara berkomunikasi dengan instansi terkait.

Kompol M. Alwi, S.Ag menyebut Polres Konawe juga akan memberikan Al-Quran dan bantuan untuk pembangunan masjid Babussalam di Kelurahan Tudoane, Kecamatan Konawe.

Ia menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada masyarakat yang antusias dan jamaah yang cukup ramai di Masjid Babussalam Kelurahan Tudaone ini.

“Kehadiran kami disini dengan program Jumat Curhat ini yakni untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, mendengarkan langsung keluhan dan saran dari masyarakat,” cetus Kompol M. Alwi, S.Ag.

Dalam kesempatan itu, Polres Konawe juga membagikan 150 paket Jumat Berkah berupa makanan nasi kotak kepada jamaah salat jumat.

SN