Hari Peduli Sampah Nasional, PT Vale Ajak Masyarakat Menjaga Bumi

waktu baca 4 menit
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) turut andil dalam pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan bersama komunitas metamorfosa Desa Sorowako dan Forum Anak, beserta Pemerintahan Desa Kelurahan yang berada di Kecamatan Nuha. Foto Ist

Luwu Timur – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) turut andil dalam pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dilaksanakan bersama komunitas metamorfosa Desa Sorowako dan Forum Anak, beserta Pemerintahan Desa Kelurahan yang berada di Kecamatan Nuha.

Mengambil lokasi di Tempat Pembuangan Sampah Sementara Terpadu (TPST) Morina Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Jumat (24/2/2023), kegiatan ini sukses menghadirkan refleksi atas musibah TPA Leuwi Gajah, Cimahi – Jawabarat pada tahun 2005 silam sebagai upaya menggugah kesadaran dan kepedulian bersama.

Ketua Pelaksana kegiatan Peringatan (HPSN) ini, Jihadin Peruge mengatakan, kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, salah satunya dalam mendukung Gerakan stop penggunaan kantong plastik di toko-toko ritel ataupun koperasi.
“Kami berterima kasih sekali karena salah satu kegiatan yang akan kita lakukan adalah pendandatangan bersama pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten Luwu

Timur, bersama ritel-ritel yang ada di sekitar Sorowako untuk bersepakat menghentikan pengadaan kantong plastik di toko-toko ritel di Kecamatan Nuha. Semoga ini bisa dilakukan se-Luwu Timur,” katanya.

Tentunya, kata Kepala Desa Sorowako ini, program tersebut diharapkan dapat terus berjalan optimal, salah satunya dukungan para pihak terhadap peningkatan TPST Morina yang telah banyak membantu pengurangan sampah ke TPA sejak empat tahun yang lalu untuk wilayah Sorowako dan Kecamatan Nuha.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur Budiman mengapresiasi kolaborasi para pihak yang merupakan langkah sangat tepat sekali. Budiman berharap, program ini sejalan dengan yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, di awal tahun 2023 dimulai dari lingkungan ASN untuk terus menginspirasi seluruh lapisan masyarakat di Luwu Timur.

Baca Juga :  Pembukaan HUT Konawe Ditandai Pemukulan Gong Delapan Kali, Harmin Ramba: Angka Keberuntungan Saya

Program tersebut adalah membersihkan, menanam, bebas asap rokok, dan berjalan menuju tempat kerja pada tanggal 5 disetiap bulannya.
“Hal ini sebagai upaya menjaga lingkungan di Luwu Timur. Kalau ini masif kita lakukan, mudah-mudahan ini akan menjadi kebaikan bagi lingkungan,” ujarnya.

Chief Operating Officer (COO), Abu Ashar menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas terwujudnya kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut.
“Saya senang sekali bisa hadir di sini dengan niat yang baik, yaitu bagaimana kita mengelola sampah. Karena bumi tempat kita berpijak ini bukan hanya untuk kita saja, tetapi bagaimana kita mempersiapkan generasi-generasi kita ke depannya. Kalau kita menjaga bumi, maka bumi juga akan menjaga kita. Maka program Pemerintah Lutim ‘Peduli ki, Saya Jaga ki’ sangat menginspirasi, sebagaimana city branding Luwu Timur; Inspiring!” jelasnya.

Mulai hari ini, lanjut Abu, di Hari Peduli Sampah Nasional kita harus bisa memaknai hari kepedulian terhadap sampah. “Dimulai dari diri sendiri, kemudian kita ajak keluarga, saudara, dan orang-orang yang kita pimpin, secara terus menerus dan berkelanjutan, maka kita akan melihat perubahan lingkungan yang lebih bersih, aman dan nyaman tentunya,” ungkapnya.

Kegiatan peduli sampah juga sejalan dengan nilai-nilai PT Vale menghargai bumi dan masyarakat. Tak hanya itu, telah menjadi bagian komitmen perseroan untuk senantiasa mengedepankan keberlanjutan dalam setiap operasionalnya dengan menerapkan good mining practices, serta terus mengembangkan system pengelolaan sampah terintegrasi.

Pada kesempatan peringatan HPSN dilakukan pendandatanganan MoU Stop Kantong Plastik oleh Bupati Lutim dengan pihak Koperasi PT Vale, Indomaret, dan Alfamidi Cabang Sorowako.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan Nota Kerjasama BPJSTK Pekerja Rentan sekaligus penyerahan kartu BPJSTK untuk para pekerja di TPST Morina, penyerahan bantuan atau penghargaan untuk para pejuang sampah, dan terakhir penyerahan rekening program anak asuh berupa tabungan pendidikan yang merupakan kerjasama antara Ikatan Kontraktor Nasional PT Vale Indonesia dengan Bank Mandiri cabang Sorowako dan Pemerintah Kecamatan Nuha.

Baca Juga :  Pj Bupati Harmin Ramba Dampingi Pj Gubernur Panen Raya di SMKN PP 5 Konawe

Kegiatan ditutup dengan kampanye & edukasi kepada para pengunjung pasar Ju’mat di Dermaga Desa Sorowako dan Pasar Malindungi Desa Nikkel bersama Bupati Luwu Timur.

Pada kesempatan itu, Management PT Vale Indonesia turut membagikan totebag bagi warga yang berbelanja sembari terus mengimbau agar peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar, terutama keberadaan pasar yang dekat dengan Danau Matano untuk senantiasa djadikan potensi unggulan dan tumpuan penghidupan masyarakat.

SN