HUT RI di Konawe Bawa Berkah untuk 545 Guru dan 14 Veteran

waktu baca 2 menit
Foto bersama Sekda dan sejumlah kepala OPD, bersama anggota Paskibraka Konawe.

KONAWE, Sultranews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), Kamis (17/8/2023).

Upacara kali ini Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan bertindak sebagai inspektur. Turut Hadiri juga Ketua DPRD yang didaulat membacakan teks proklamasi, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe.

Upacara berlangsung meriah dengan diikuti ribuan peserta mulai dari TNI/Polri, ASN siswa hingga tokoh dan masyarakat umum. Detik-detik pengibaran bendera pusaka berlangsung khidmad setelah anggota Paskibraka menjalankan tugasnya dengan baik.

Sekda Konawe dalam sambutannya mewakili Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengungkapkan, hakikat kemerdekaan ada tiga. Pertama, bagaimana menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan. Kedua, kemerdekaan bukan hadiah dari Jepang, tapi buah dari perjuangan. Ketiga, kemerdekaan bukan diperoleh dari satu golongan suku dan agama, akan tetapi merupakan perjuangan bersama.

“Kita berjuang bukan lagi atas nama kelompok tertentu tapi atas nama rakyat Indonesia,” tegasnya.

Seusai upacara bendera, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK Guru P3K. Kali ini ada 545 guru yang menerima SK. Penyerahan SK dilakukan langsung Sekda Konawe dan Forkopimda lainnya.

Menurut Ferdinand, penyerahan SK guru P3K yang dilakukan pada HUT Kemerdekaan bertujuan untuk memantik motivasi guru. Selain itu juga agar momen tersebut menjadi pengingat bahwa guru adalah pejuang garis terdepan dalam mengisi kemerdekaan ini.

“Ini juga sebagai komitmen pemerintah dalam rangka pemberdayaan tenaga honorer guru menjadi bagian dari ASN pemerintah,” ujarnya.

Selain penyerahan SK, Pemkab Konawe juga memberikan bantuan satu unit mobil Dalmas untuk Polres Konawe. Kendaraan operasional itu diberikan sebagai komitmen Pemkab Konawe dalam mendukung Polres Konawe menciptakan Kamtibmas.

Baca Juga :  Juara Satu Karate O2SN Tingkat SMA, Pahri Zirat Putra Asrudin Melaju ke Tingkat Provinsi Sultra Wakili Konawe

“Pemkab dan Polres terus bersinergi untuk menciptakan Kamtibmas, karena hal itu menjadi tugas kita bersama,” terangnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah Forkopimda bersama legiun veteran Konawe di pendopo kantor bupati. Acara dirangkaikan dengan pemberian bingkisan kepada anggota legiun veteran.

Pada kesempatan itu, Sekda Konawe juga mengatakan, permintaan veteran untuk mendapatkan jaminan sosial yang memadai bakal diperjuangkan. Khusus untuk jaminan kesehatan, setiap veteran bakal mendapat akses pengobatan gratis di BLUD RS Konawe.

“Saya akan meminta dinas terkait agar nama-nama veteran kita ini didaftar di sana. Kami akan memastikan, setiap veteran dapat memperoleh layanan kesehatan yang memadai,” tandasnya.

SN